Yuliman Gawal: Upayakan Agar Limbah Tidak Terus Cemari Bintan

Metrobatam.com,Tanjungpinang – Perairan Kabupaten Bintan,  Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang berbatasan dengan laut Internasional sering menjadi tempat pembuangan limbah kapal Tanker yang lalu lalang di perairan tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Pengelolaan Limbah Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bintan, Yuliman Gawal mengatakan, akibat limbah kapal tanker yang dibuang di perairan Internasional tersebut, sebagian besar laut Kepri tercemari limbah selama bertahun – tahun lamanya tanpa ada solusi dari pemerintah pusat.

Read More

“Limbah-limbah ini sudah kita rasakan setiap tahunnya, terlebih pada saat musim angin Utara,” kata Yuliman, Rabu (5/10).

Hal ini menjadi kehawatirannya, karena menurutnya Bintan salah daerah yang mengadal destinasi laut sebagai pendapatan daerahnya.

“Tak hanya masyarakat yang sebagian besar berprofesi nelayan, para wisatawan asing yang berlibur ke Bintan juga sangat di rugikan. Sehingga kita khawatir kunjungan wisata akan berkurang,” kesalnya.

Saat ini,Lanjutnya,  pihaknya tengah mengupayakan agar limbah tidak terus serta merta mencemari lautan perairan Bintan.

“Berbagai upaya sudah kita lakukan untuk menyelamatkan laut kita ini dari pencemaran limbah itu. Namun hingga kini koordinasi kita dengan pihak-pihak terkait masih belum ada solusi. Kita harapkan Kementerian BLH bisa segera mengatasi permasalahan ini,” ungkapnya.(Budi Arifin)

Related posts