Hingga 1 Desember, Sejumlah Daerah Berpotensi Hujan Petir dan Angin Kencang

Metrobatam, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mempredisikan, hujan lebat berdurasi cuku lama disertai kilat, petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia hingga 1 Desember 2016.

Hal itu berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini di mana terdapat siklon tropis TOKAGE di Laut Cina Selatan sebelah barat Filipina dan beberapa indikasi lain.

Read More

Wilayah yang akan dilanda cuaca tersebut antara lain Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat bagian barat dan selatan, Jawa Tengah bagian timur dan selatan, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Selanjutnya Bali, Nusa Tenggara Barat bagian barat, Kalimantan Barat bagian barat dan utara, Kalimantan Tengah bagian utara, Kalimantan Timur bagian utara, Kalimantan Utara, Maluku bagian utara dan tengah, Papua bagian utara dan tengah.

“Masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Yunus S Swarinoto seperti dikutip Okezone dari laman resmi BMKG, Senin (28/11).

Menurutny, siklon tropis TOKAGE berdampak meningkatkan ketinggian gelombang laut antara 1,25 hingga 2,5 meter di wilayah Laut Cina Selatan sebelah utara Natuna.(mb/okezone))

Related posts