Nippon Paint dan Habitat For Humanity Indonesia Gelar Program Colourful Dream di Kabil

Foto : Nippon Paint Indonesia bersama Habitat for Humanity Indonesia memberikan pelatihan kepada 150 anak dan guru di Kabil, Batam, Rabu-Kamis (9-10/11/2016).

Metrobatam.com, Batam – Sebagai wujud komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan anak dan masyarakat, Nippon Paint Indonesia bersama Habitat for Humanity Indonesia memberikan pelatihan kepada 150 anak dan guru di Kabil, Batam, Rabu-Kamis (9-10/11/2016).

Kegiatan bertajuk Colourful Dreams Children & Teachers Art Camp ini merupakan fase kedua dari program bakti sosial dan peningkatan keterampilan masyarakat yang dilakukan oleh Nippon Paint Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari di SDIT Mambaul Ulum, Senjulung Kabil Batam itu, diselenggarakan sebagai wadah bagi anak untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dalam kegiatan belajar dan menjadikan belajar sebagai sebuah kegiatan yang menyenangkan melalui kesenian dan kerajinan. Selain anak-anak, guru pun memperoleh pembekalan keterampilan untuk meningkatkan kemampuan dalam menjalankan proses belajar mengajar yang baik.

Sebelumnya, fase pertama program Colourful Dreams telah dilakukan pada April 2016. Nippon Paint bersama Habitat for Humanity Indonesia telah membantu meningkatkan standar kehidupan 4.557 keluarga di Kabil yang berada wilayah Nongsa Batam, dengan mayoritas penduduk berada di bawah garis kemiskinan dan memiliki tempat tinggal tidak layak huni.

Bacaan Lainnya

Program diawali dengan pembangunan 100 rumah baru layak huni dan rehabilitasi sekolah, serta pembekalan masyarakat melalui pemberian pelatihan teknik pengecatan dan konstruksi dasar oleh Nippon Paint Indonesia, bekerja sama dengan Tan Hong Kheng, pemilik kontraktor Bestari Bintang Jaya.

Jon Tan, Chief Executive Officer (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia menjelaskan, jika program Colourful Dreams diwujudkan tidak hanya sebatas memberikan pemukiman yang layak, namun juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang. Setiap anak memiliki potensi dan harapan untuk masa depannya. Dengan memberikan pembekalan dan wadah yang tepat, maka dapat membuka kesempatan yang lebih lebar bagi mereka untuk meraih cita-cita.

“Melalui Colourful Dreams Children & Teachers Art Camp, kami akan terus berkomitmen untuk menyalurkan kreativitas, perasaan dan kekuatan anak-anak melalui kegiatan yang positif, serta membantu mewujudkan benih-benih harapan yang ada di hati masyarakat Kabil”, jelas Jon Tan saat mengunjungi kegiatan Art Camp.

Dalam melaksanakan program Colourful Dreams, Nippon Paint Indonesia turut didukung oleh Yayasan Generasi Gemilang, sebuah organisasi non-profit asal Malaysia yang membantu anak-anak mengembangkan kepercayaan dan pemahaman diri mereka melalui berbagai kegiatan menarik yang melibatkan seni. Para guru juga diberikan pelatihan mengenai peningkatan keterampilan, teknik-teknik, dan berbagai strategi agar mampu mengembangkan kreatifitas anak melalui storytelling.

Hendrianus Edi Handoko, manajer Habitat for Humanity cabang Batam mengatakan bahwa program Colourful Dreams sejalan dengan komitmen mereka sebagai sebuah organisasi non-profit yang bergerak untuk meningkatkan kehidupan masyarakat melalui pemberdayaan dan pembekalan masyarakat untuk masa depan yang lebih baik.

“Kehidupan terus mengalami perubahan setiap detiknya. Oleh karena itu, kita perlu melakukan sebuah inisiatif yang dapat memberikan perbaikan bagi kehidupan masyarakat Kabil. Kami sangat senang dapat menjalin ekosistem kerjasama yang baik dengan Nippon Paint Indonesia dan Yayasan Generasi Gemilang. Bentuk kerjasama ini tidak dibatasi wilayah dan mengedepankan sebuah harapan”, jelas Hendrianus.

Berdasarkan data dari Habitat for Humanity, 13% penduduk Batam terpaksa tinggal di “ruli” atau pemukiman ilegal di sekitar area industri tempat mereka bekerja. Pemberian pendidikan dasar baca dan tulis bagi anak membutuhkan perjuangan sebab gaji rata-rata pekerja di Batam hanya sebesar satu juta rupiah per bulan.

“Colourful Dreams bertujuan mengubah masyarakat secara fisik dengan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif, serta memenuhi kebutuhan pengembangan diri anak-anak untuk membangun kepercayaan diri anak-anak yang kurang mampu. Nippon Paint ingin memberikan program yang berkesinambungan bagi masyarakat, melalui perbaikan lingkungan tempat tinggal, pelatihan, serta pembekalan keterampilan masyarakat dengan harapan dapat turut membuka peluang kerja bagi masyarakat. Hal-hal inilah yang menjadi wujud usaha kami dalam memberikan kontribusi positif dan manfaat bagi anak-anak dan masyarakat di Indonesia”, tutup Jon Tan. (rilis)

Pos terkait