Bea Cukai Tangkap 9 Orang Penyelundup Bawang Merah 50 Ton Asal Malaysia

Metrobatam, Medan – Petugas Bea dan Cukai Sumatera Utara menangkap sembilan orang penyelundup bawang merah asal Malaysia di Perairan Tambun Tulang, Asahan, Sumatera Utara (Sumut). Dalam penindakan, petugas menyita bawang merah seberat 50 ton.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Sumut, Rizal mengatakan, penindakan tersebut pada Kamis (15/12) sekitar pukul 07.00 WIB.

Read More

Penangkapan bermula saat petugas melakukan patroli rutin di seputaran lokasi tersebut. Ketika melakukan patroli, petugas yang menggunakan kapal patroli BC 20005 melihat dan curiga terhadap satu unit Kapal Motor Rahmat GT 24 No.236/PPd.

“Kemudian petugas mendekat dan ternyata kapal tersebut mengangkut bawang merah selundupan,” ujar Rizal.

Dalam pemeriksaan, jumlah bawang merah yang diselundupkan tersebut yakni seberat 50 ton. Selain itu, petugas juga menangkap sembilan orang. Mereka terdiri seorang tekong dan delapan Anak Buah Lapal (ABK).

“Rencananya bawang tersebut akan dibawa ke Tanjungbalai,” sebutnya.

Kini, kapal penyelundup bawang itu sedang dalam perjalanan menuju pangkalan Bea Cukai Belawan. Sementara, sembilan orang yang diamankan itu masih dalam pendataan petugas.(mb/okezone)

Related posts