Gempa Bumi 6,4 SR di Aceh, 4 Tewas dan Puluhan Luka-luka

Metrobatam, Pidie Jaya – Gempa 6,5 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, pagi ini. Data sementara dari BPBD setempat menyebutkan, empat orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka tertimpa bangunan yang roboh.

“Korban jiwa sementara yang sudah terdata dan baru saja dievakuasi ada empat orang meninggal,” kata Kepala BPBD Pidie Jaya, Puteh Manaf saat dihubungi Okezone, Rabu (7/12).

Read More

Menurutnya, korban meninggal itu merupakan warga Meureudu. Mereka meninggak karena tertimpa bangunan. Namun, identitasnya belum diketahui karena masih didata petugas di lapangan.

“Saya sekarang juga masih di lapangan. Korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Pidie Jaya. Info sementara itu dulu,” ujar Puteh.

BPBD Pidie Jaya sudah menurunkan tim untuk mengevakuasi korban serta mendata jumlah kerusakan. Saat ini sejumlah korban luka dan meninggal dibawa ke RSUD Pidie Jaya dan RSUD Teungku Chik di Tiro Sigli.

Informasi dari BMKG, gempa terjadi pada pukul 05.03 WIB dan tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa berada di timur laut Kabupaten Pidie. Ada pun kedalaman pusat gempa yakni 10 kilometer.

Ada pun kedalaman pusat gempa yakni 10 kilometer. Riyadi menambahkan tingkat guncangan menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi di beberapa daerah, seperti Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

“Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser. Ini sesuai laporan sementara dari zona gempa bumi bahwa gempa bumi ini memang menimbulkan kerusakan di berbagai tempat,” jelasnya.(detik)

Related posts