Indonesia Atasi Vietnam Agregat 4-3

Metrobatam.com – Timnas Indonesia berhasil lolos ke final AFF Suzuki Cup 2016 setelah dalam pertandingan leg kedua semi-final yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12) malam WIB, akhir menang agregat 4-3 atas Vietnam.

Dalam pertandingan yang berjalan drasmatis dikarnakan indonesia harus mempertahankan kemenangan atas Vietnam 2-1 pada leg pertama di Stadion Pakansari. Pertandingan babak pertama udah terlihat dari Vietnam langsung melakukan tekanan ke pertahan Indonesia baik dari umpan-umpan silang yang dilepaskan juga berhasil dihalau kuartet bek Merah Putih.

Read More

Percobaan pertama dilakukan gelandang Vietnam Le Cong Vinh pada menit ke-22 melepaskan umpan silang kepertahanan Indonesia namun dapat dipotong kiper Kurnia Meiga.Indonesia yang dimodali mental pantang menyerah mencoba melakukan searang balik yang dimotori Capten Indonesia Boaz Solossa, pada menit ke-42 dua lepas dari jebakan off-side bek Vietnam akan tetapi bola lepas dari kakinya yang akhirnya dapat diamankan bek lawan.

Pada awal babak kedua semua berbalik arah Indonesia tepatnya pada menit ke-54 Indonesia setelah Stefano Lilipaly membobol gawang Nguyen Manh Tran, kesalahan Tran Dinh Dong menghalau umpan silang Boaz membuat bola menjadi liar, dan disambar Lilipaly. Indonesia pun unggul agregat 3-1.Bahkab Vietnam pada Menit ke-76 harus terima kiper mereka Manh Tran diganjar kartu merah. Mengingat pergantian pemain Vietnam sudah dipakai semua, Que Ngoc Hai terpaksa menjadi kiper.

Kendati demikian, Vietnam yang bermain 10 orang malah bisa mengembalikan keadaan menjadi skor 2-1 buat Vietnam, gol mereka terjadi pada menit ke-83 oleh Vu Van Thanh dan Vu Minh Tuan di masa injury time, sehingga pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu, karena skor agregat menjadi 3-3.

Di babak perpanjangan waktu Indonesia melakukan permainan terbuka yang membuat Vietnam terima gawang mereka dibobol kembali oleh Manahati Lestusen pada menit ke-97 lewat titik putih, semua ini bermulai setelah Ferdinand Sinaga yang menerima umpan lambung, dan melakukan aksi solo run dijatuhkan Ngoc Hai di kotak terlarang.

Gol Manahati Lestusen adalah gol terakhir dalam pertandingan ini yang dimenangkan oleh indoseia. Kemenangan ini membawa mereka ke Final AFF Suzuki Cup 2016 dan menunggu pemenang pemenang antara Thailand dan Myanmar yang bertanding, Kamis (8/12) malam WIB, di leg kedua. Thailand sudah mengungguli Myanmar dengan skor 2-0 di leg pertama.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Vietnam: Nguyen Manh Tran; Que Ngoc Hai, Truong Dinh Luat, Vu Van Thanh, Tran Dinh Dong, Nguyen Trong Hoang, Luong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung (Thanh Luong 74′), Nguyen Van Toan (Minh Tuan 57′), Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet (Cong Phuong 69′).
Cadangan: Huynh Tuan Linh, Dang Van Lam; Ngoc Duc Sam, Dinh Tien Thanh, Bui Tien Dung, Vu Minh Tuan, Pham Thanh Luong, Ngo Hoang Thinh, Nguyen Cong Phuong, Le Van Thang, Tran Phi Son.

Pelatih: Nguyen Huu Thang

Indonesia: Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Fachrudin Aryanto, Hansamu Yama, Abduh Lestaluhu, Bayu Pradana, Manahati Lestusen, Rizki Pora, Stefano Lilipaly (Zulham 85′), Andik Vermansah (Dedi 88′), Boaz Solossa (Ferdinand 72′).
Cadangan: Teja Paku Alam, Andritany Ardhiyasa; Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun, Evan Dimas, Bayu Gatra, Dedi Kusnandar, Yanto Basna, Gunawan Dwi Cahyo, Muchlis Hadi Ning, Abdul Rachman, Lerby Eliandry.

Pelatih: Alfred Riedl

(MB)

Related posts