Masjid dan Ratusan Bangunan di Pidie Jaya Aceh Rusak Berat Akibat Gempa

Metrobatam, Pidie Jaya – Selain merenggut korban empat orang tewas dan puluhan luka-luka, ratusan bangunan rusak akibat gempa 6,5 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pagi tadi. Mayoritas bangunan yang rusak adalah rumah toko.

“Jumlah kerusakan masih data tapi perkiraaan kasarnya sementara ada ratusan yang rusak, kebanyakan bangunan toko,” kata Kepala BPBD Pidie Jaya, Puteh Manaf saat dihubungi Okezone, Rabu (7/12).

Read More

Bangunan pertokoan yang rusak itu tersebar di Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua; Lueng Putu, Kecamatan Bandar Baru; dan Meureudu yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Pidie Jaya. “Di Meureudu saja ada 36 toko yang rusak. Ini baru data sementara,” ujar Puteh.

Selain bangunan toko, sejumlah rumah warga juga rusak. Bahkan, beberapa masjid juga mengalami kerusakan. Masjid di Pangwa malah kubahnya roboh.

Puteh mengatakan, pihaknya masih terus membantu evakuasi korban dan mendata kerugian serta kerusaan akibat gempa dengan kedalaman 10 kilometer dan berpusat di Pidie Jaya.

Data sementara dari BPBD, empat warga Pidie Jaya meninggal dunia akibat tertimpa bangunan. Sementara puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Gempa bumi 6,4 SR ini terjadi pada Rabu (7/12) sekitar pukul 05.03 WIB. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Setelah diguncang gempa bumi, masyarakat berhamburan ke luar rumah dan bangunan. Masyarakat berusaha untuk menyelamatkan diri ke lokasi-lokasi yang aman dan menuju perbukitan.

Masyarakat tampak memadati jalanan di Pidie Jaya. Ada warga yang berjalan kaki, ada juga yang mengendarai motor dan mobil. Suara klakson kendaraan bersautan memecah keheningan pagi hari.

Sementara itu, sejumlah rumah rusak parah. Tembok-tembok bagunan rumah retak bahkan ada yang roboh. Demikian juga sejumlah fasilitas umum dan sekolah rusak parah. Salah satunya, Sekolah Tinggi Agama Islam Aziziyah, Jamalanga, Kabupaten Bireuin, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Tembok bercat kuning pada bagunan ini retak-retak.

Tidak hanya itu, masjid-masjid juga mengalami kerusakan. Ada masjid berlantai dua yang mengalami rusak parah. Sebagian bangunannya roboh.

Meski demikian, warga tetap khusyuk menunaikan ibadah salat Subuh di masjid. Bahkan, ada puing-puing bagunan yang roboh masih berserakan di lantai masjid.(mb/okezone)

Related posts