Sapa Massa 2 Desember, Jokowi: Terima Kasih Atas Doa dan Zikir untuk Negara

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut menunaikan Salat Jumat bersama peserta aksi 2 Desember di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Usai salat Jumat, Presiden Jokowi menyapa jemaah melalui panggung.

Di panggung Jokowi didampingi antara lain oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, ada juga Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq.

Read More

Kepada peserta aksi 2 Desember, Presiden Jokowi mengucapkan terimakasih atas doa dan zikir yang dipanjatkan untuk keselamatan bangsa dan negara. “Terima kasih atas doa dan zikir yang dipanjatkan untuk keselamataan bangsa dan negara,” kata Jokowi saat berpidato di panggung aksi 2 Desember, Jumat (2/12).

Gema takbir berkumandang saat Jokowi mengucapkan terima kasih kepada peserta aksi 2 Desember. “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,” teriak takbir dari kerumunan massa.

Presiden Jokowi pun beberapa kali terdengar mengucapkan takbir. “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,” teriak Jokowi.

Mantan Gubernr DKI Jakarta ini pun mengucapkan selamat jalan dan kembali ke tempat dan daerah masing-masing. “Sekali lagi terima kasih dan selamat kembali ke tempat-tempat masing-masing dan tempat tinggal masing-masing,” tukas Jokowi.

Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hadir di Lapangan Monas untuk melaksanakan Salat Jumat bersama ribuan peserta aksi super damai.

Hadir pula bersama keduanya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara.

Dari Istana Merdeka, rombongan Jokowi-JK berjalan kaki melewati gerbang dan menuju Monas dengan melintas di Jalan Medan Merdeka Utara lalu masuk lewat gerbang yang berhadapan dengan istana. Usai melaksanakan Salat Jumat, Jokowi, JK beserta rombongan kembali ke Istana Negara.

Bila lalu lintas seputaran Lapangan Monas tidak bisa dilalui karena ada doa bersama, maka tidak di jalan lain yang tampak lengang. Masyarakat bisa melalui jalan-jalan proptokol lebih lancar dibanding di hari yang sama dan di jam yang sama.

“Saya dari Semanggi sampai pintu tol Jatiasih, Bekasi hanya 30 menit,” kata karyawan di bilangan MH Thamrin, Chlara saat berbincang dengan detikcom.

Bila di hari biasa, lalu lintas Semanggi-Jatiasih di waktu yang sama bisa 1 jam lebih. Apalagi di jam kerja dan hari kerja. “Sepanjang jalan kosong, lengang,” ujar Chlara.

Sepanjang jalan di Jalan Sudirman mengarah Semanggi tampak lengang. Begitu memasuki tol, lalu lintas juga ramai lancar. Tidak ada antrian di pintu tol. Sepanjang pintu tol Semanggi-Jatibening-Jatiasih, lalu lintas sangat lancar. “Biasanya jam segini macet,” ucap Chlara pulang lebih cepat dari semestinya.(detik/okezone)

Related posts