Satgas Saber Pungli akan Memberantas Pungli Hingga Bersih

Metrobatam.com, Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menegaskan satgas saber pungutan liar (pungli) tidak akan berhenti memberantas pungli hingga bersih dari Indonesia. Wiranto mengatakan gerakan memberantas pungli bukan hanya program sementara.

Ada beberapa informasi dari masyarakat yang merasa bahwa jangan-jangan saber pungli sifatnya hanya anget-anget tai ayam atau yang sifatnya sementara saja. Saya pastikan tidak, sebelum pungli bersih dari Indonesia kita tidak akan berhenti,” kata Wiranto dalam acara Sosialisasi Satgas Saber Pungli’ di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (18/12).

Read More

Wiranto mengakui praktik pungli sudah menjadi budaya di Indonesia. Oleh karenanya, program saber pungli juga harus dijadikan antitesa dan dibudayakan di masyarakat.

“Pungli adalah kegiatan yang hampir-hampir jadi budaya kita. Menghalalkan itu padahal itu tidak halal. Atas inisiatif pimpinan satgas, akan dilakukan sosialisasi budaya saber pungli,” terangnya.

Berdasarkan informasi dari satgas, kata dia, sudah ada 17.600 laporan praktik pungli dari masyarakat. Banyaknya laporan itu membuktikan masyarakat tidak takut dan peduli atas gerakan pemberantasan pungli.

“Ini sudah berlangsung kira-kira lebih dari 1 bulan dan sambutan masyarakat luar biasa. Laporan dari satgas, sudah mencapai 17.600 laporan itu bukan sedikit, banyak sekali. Masyarakat tidak ragu dan takut melaporkan kegiatan pungli di mana pun kepada satgas,” terang dia.

Ditambahkannya, gerakan saber pungli ini adalah bagian dari program revolusi mental dari pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Salah satu yang diprioritaskan adalah reformasi bidang hukum.

“Kalau kita tengok ke belakang satu tekad dari Presiden Jokowi untuk melaksanakan revolusi mental. Salah satunya adalah kita harus melakukan reformasi hukum. Kalau kita kupas banyak hal yang perlu kita lakukan,” pungkasnya.

Mb/Merdeka

Related posts