Astaga! Gunting Operasi Tertinggal di Dalam Perut Pria Ini Selama 18 Tahun

Metrobatam, Jakarta, Peralatan operasi tertinggal di dalam tubuh pasien memang bisa terjadi dan pernah beberapa kali dilaporkan. Kalau sudah demikian pasien biasanya akan langsung memiliki keluhan karena ada sesuatu yang janggal di dalam tubuh.

Namun kasus tersebut tak berlaku untuk seorang pasien pria di Vietnam. Selama sekitar 18 tahun ia tak pernah sadar bahwa di dalam perutnya ternyata masih tersimpan gunting operasi.

Read More

Dikutip dari BBC pada Selasa (3/1), sang pasien yang diketahui berusia 54 tahun itu baru mengetahui kondisinya setelah alami kecelakaan lalu lintas dan kerap merasakan sakit di perut yang tidak berkesudahan. Lewat pemeriksaan di rumah sakit (RS) daerah Thai Nguyen baru diketahui ada gunting operasi berukuran 15 centimeter (cm) di perut sebelah kiri sang pria.

Ketika diangkat oleh dokter gunting tersebut dideskripsikan sudah dalam kondisi yang rusak. Pegangannya berkarat dan beberapa bagian organ tumbuh menempel karena gunting sudah terlalu lama berada di dalam tubuh.

Dari mana asalnya gunting diduga dari operasi yang pertama kali sang pasien jalani pada tahun 1998 di RS di daerah Bac Kan. Ketika itu ia dioperasi juga karena sebuah kecelakaan lalu lintas.

Dikutip dari media setempat Tuoi Tre, Kementerian Kesehatan Vietnam memerintahkan agar kasus sang pasien diinvestigasi. Direktur RS diminta untuk memberikan informasi siapa yang mengerjakan operasi sang pasien sekitar 18 tahun lalu dan ceroboh meninggalkan gunting di dalam tubuhnya.

Sementara itu sang pasien sendiri kini sedang dalam pemulihan. Ia diperkirakan dapat kembali pulang dalam waktu seminggu.(mb/detik)

Related posts