Cacing Pita Sepanjang 2 Meter Dikeluarkan dari Usus Pria Ini

Metrobatam.com, Jakarta – Seorang pria di India mengeluh sakit perut saat datang ke rumah sakit. Pemeriksaan kolonoskopi menemukan ada cacing pita sepanjang hampir 2 meter bersemayam di ususnya.

Cacing yang memiliki nama ilmiah Taenia solium ini disebut sebagai cacing parasit terpanjang yang pernah ditemukan oleh tim dokter di PVS Memorial Hospital di India.

Read More

Kasus yang dilaporkan di The New England Journal of Medicine ii bermula ketika seorang pria 48 tahun datang dengan keluhan nyeri perut sejak 2 bulan yang lalu. Dokter lalu melakukan kolonoskopi, dan menemukan segmen cacing di usus pasien.

Bukan hal yang aneh jika dokter menemukan beberapa segmen cacing parasit di usus pasien. Namun pada kasus ini, segmen-segmen tersebut hanya sebagian kecil dari keseluruhan tubuh cacing yang sebenarnya.

Pemeriksaan lebih lanjut dilakukan dengan endoskopi, yakni dengan kamera yang dimasukkan melakui perut ke usus halus. Betapa terkejutnya para dokter menemukan cacing yang begitu panjang bersemayam di usus halus.

Cacing tersebut akhirnya diangkat dengan cara ditarik keluar melalui mulut pasien. Total panjangnya 1,88 meter atau 6,2 kaki. Walau diklaim sebagai yang terpanjang di rumah sakit tersebut, cacing ini bisa tumbuh mencapai 3,5 meter di usus pasien.

Dikutip dari Livescience, infeksi cacing pita seringkali tidak disadari karena tidak selalu bergejala. Dalam beberapa kasus, infeksi ditandai dengan nyeri perut seperti yang dialami pasien ini.

(mb/detik)

Related posts