DPR Apresiasi Pernyataan Panglima TNI Siap Hadapi Ormas Anti-Pancasila

Metrobatam, Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan pihaknya siap membantu Polri menangani ormas-ormas yang bertentangan dengan Pancasila. Langkah TNI tersebut dinilai bisa membantu menjaga stabilitas nasional.

“Statement Panglima TNI bahwa TNI siap menghadapi ormas anti-Pancasila patut diapresiasi. Statement yang sudah kami tunggu sejak lama akhirnya disampaikan secara tegas,” ungkap Anggota Komisi I DPR Charles Honoris, Rabu (18/1).

Read More

Charles menilai belakangan banyak terjadi sejumlah peristiwa yang dapat mengancam persatuan bangsa. Terutama aksi-aksi intoleran disebutnya sudah mengganggu ketertiban umum.

“Kebhinnekaan Indonesia sedang diganggu oleh aksi-aksi ormas intoleran. Mereka selama ini meresahkan publik. Mereka berani karena mungkin merasa dibekingi oleh orang-orang kuat,” kata Charles.

Dengan adanya pernyataan Panglima TNI, kecurigaan tersebut menurutnya menjadi terbantahkan. Sudah menjadi tugas TNI, kata Charles, untuk melindungi Indonesia dari perpecahan termasuk dalam menghadapi ormas intoleran.

“Sebagai garda terdepan pertahanan NKRI, TNI punya kewajiban untuk melindungi NKRI,” ucap politisi PDIP itu.

Dalam penanganan aksi-aksi anarkis kelompok-kelompok yang anti-Pancasila, Polri menjadi ujung tombak. Sikap tegas TNI dianggap dapat mempermudah proses penegakkan hukum yang dilakukan oleh Polri tersebut.

“Soliditas TNI/Polri adalah kunci membuat Indonesia aman dan menjaga stabilitas politik nasional,” tutur Charles.

Pendapat senada disampaikan Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Maruarar Sirait. Ia mengaku sangat mengapresiasi dan medukung pernyataan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dalam rapat pimpinan TNI awal pekan ini.

Ada dua poin penting yang disampaikan Gatot dalam rapim tersebut, yaitu memerintahkan TNI untuk terus mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sah dan konstitusional, serta TNI siap mendukung dan membantu Polri dalam menindak ormas-ormas radikal dan anti-Pancasila.

“Kita mengapresiasi komitmen dan tekad Pak Panglima tersebut,” kata Maruarar Sirait, Kamis (19/1).

Di sisi lain, sambung Maruarar, pernyarataan Gatot ini juga semakin mengkonfirmasi dukungan kepada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Selama ini, dukungan kepada Presiden Jokowi dari Senayan menurutnya sudah kuat.

Berbagai survei juga menunjukkan bahwa Presiden Jokowi didukung oleh masyarakat. Kebijakan dan langkah yang dikeluarkan Jokowi juga mendapat sambutan baik, seperti dalam memilih Panglima TNI dan Kapolri, serta dalam kebijakan tax amnesty.

“Pernyatan Panglima ini semakin memperkuat dukungan dan posisi pemerintahan Pak Jokowi,” ungkap Maruarar.(mb/detik)

Related posts