Habib Rizieq Demo ke Polri, Kapolda Jabar: Itu Hanya Ketakutan Rizieq Saja

Metrobatam, Jakarta – Imam Besar FPI Habib Rizieq hari ini akan melaporkan Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan ke Propam Polri. Pelaporan juga disertai aksi massa FPI ke Mabes Polri. Anton menyebut aksi itu ‘lebay’.

“(Demo) Itu kan hanya ketakutan dari saudara Rizieq saja. Kenapa mesti begitu? Kan ada hukum. Kalau menurut saya lebay itu,” kata Anton kepada wartawan di sela Rapim TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/1).

Read More

Anton Charliyan mengaku tidak mempersoalkan dirinya dilaporkan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab ke Mabes Polri. “Iya nggak apa-apa, itu haknya demo. Yang penting sesuai prosedur, nggak perlu jadi masalah, itu saja,” ujar Anton.

Habib Rizieq sebelumnya menyebut pelaporan Kapolda Jabar terkait dengan perusakan dan penganiayaan anggota FPI di dekat Mapolda Jabar yang diduga dilakukan anggota ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) pada Kamis (12/1). Habib Rizieq juga mempersoalkan posisi Kapolda sebagai ketua dewan pembina GMBI.

Sementara Polda Jabar terus bekerja menyelidiki kasus dugaan penodaan Pancasila yang dilakukan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Hingga saat ini jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar, masih memeriksa sejumlah saksi.

“Saat ini masih pemeriksaan terhadap saksi ahli, penyidik juga berencana menambahkan tiga orang saksi ahli,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus, saat dikonfirmasi, Senin (16/1).

Seperti diketahui, Habib Rizieq dilaporkan putri Presiden Pertama Indonesia Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri, ke Bareskrim Polri terkait pidatonya yang diduga menghina Pancasila. Namun, Bareskrim Polri melimpahkan pelaporan tersebut ke Polda Jabar karena kejadian tersebut berada di Jawa Barat.

Rizieq sendiri telah diperiksa jajaran Polda Jawa Barat beberapa waktu lalu. Usai diperiksa, Rizieq menyebut Sukmawati telah gagal paham atas laporannya lantaran mengkriminalisasi tesisnya tentang Pancasila.(mb/detik)

Related posts