Ini Kebiasaan Buruk yang Berakibat Anda Tuli

Ilustrasi

Metrobatam.com, (Mb) – Telinga adalah salah satu indera tubuh yang penting. Bayangkan jika kamu tidak memiliki telinga. Tentu saja kamu tidak bisa mendengar suara musik favorit atau suara indah lainnya. Oleh karena itulah kamu wajib menjaga kesehatan telinga dan melindunginya dari beragam hal yang bisa menyebabkan segala jenis kerusakan di telinga.

Apa saja kebiasaan buruk yang mampu merusak kesehatan telinga hingga berakhir dengan tuli? Berikut adalah penjelasannya seperti dilansir dari boldsky.com.

Read More

Salah dalam membersihkan telinga
Penelitian membuktikan bahwa banyak orang yang salah dalam membersihkan telinga mereka. Mereka cenderung terlalu dalam untuk mengorek kotoran yang berakibat dengan rusaknya gendang telinga. Atau, mereka membersihkan dengan mendorong terlalu dalam kotoran ke dalam liang telinga.

Lantas, bagaimana cara yang benar untuk membersihkan telinga? Gunakan teteskan baby oil ke dalam telinga lalu miringkan kepala agar kotoran luruh dengan sendirinya. Membersihkan dengan ear wax sangatlah tidak disarankan.

Menggunakan earphone sepanjang waktu
Earphone biasa kamu gunakan untuk mendengarkan musik. Memang aktivitas ini menyenangkan namun jangan terus-terusan. Sebab volume tinggi yang kamu dengarkan lambat laun akan merusak kesehatan telinga.

Menusuk-nusukkan jari ke lubang telinga
Kebiasaan menusukkan jari ke lubang telinga memang terdengar unik. Namun, sebagian orang ada yang melakukannya, lho. Nah, jika kamu termasuk salah satu di antaranya, maka hentikan kebiasaan ini sebab menusukkan jari ke lubang telinga akan menyebabkan bakteri dari kuku dan jari masuk ke telinga yang berujung dengan terjadinya infeksi.

Tidak memperhatikan nyeri telinga
Kamu mengalami nyeri telinga? Jangan diabaikan. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan karena bisa jadi nyeri ini adalah awal dari gangguan telinga yang berbahaya.

 

Mb

Related posts