JK Dukung Kedubes Palestina Larang Pengibaran Bendera di Demo

Metrobatam, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mendukung instruksi Kedutaan Besar Palestina yang meminta masyarakat Indonesia tak membawa bendera Palestina ketika mengikuti satu aksi unjuk rasa.

Jusuf Kalla mengatakan, jika aksi unjuk rasa bukan dilakukan atas dasar dukungan terhadap Palestina, bendera itu tak perlu dibawa-bawa.

Read More

“Kalau tak ada hubungannya, apa urusannya dibawa-bawa?” kata Jusuf Kalla saat ditemui di Kantor Wakil Presiden, Kamis (26/1).

Namun menurut Jusuf Kalla, jika memang aksi dilakukan dalam rangka mendukung Palestina, maka sah-sah saja bendera itu dibawa.

Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah pun akan melayangkan larangan serupa jika bendera merah putih dikibarkan dalam aksi unjuk rasa di luar negeri yang tidak ada hubungannya dengan Indonesia.

“Jadi sama saja. Kalau ada demo di luar negeri membawa bendera Merah Putih, tentu akan kami larang juga,” katanya.

Pernyataan ini dilontarkan oleh Jusuf Kalla untuk menanggapi pernyataan dari Kedutaan Besar Palestina di Jakarta yang menyatakan melihat bendera negaranya berkibar di beberapa aksi demonstrasi terkait politik domestik Indonesia.

Melalui sebuah pernyataan resmi, Kedubes Palestina menuturkan, pihaknya tak dapat menerima insiden penggunaan lambang negaranya oleh sejumlah kelompok maupun individu untuk tujuan politik yang sama sekali tidak berhubungan dengan Palestina.

“Sangat jelas perilaku seperti itu tidak bisa diterima, dan tidak bisa dianggap sebagai bentuk dukungan solidaritas bagi Palestina. Sahabat sejati Palestina harus bisa menjaga stabilitas dan perdamaian negaranya sendiri jika ingin mendukung perdamaian di Palestina,” bunyi pernyataan dari Kedubes Palestina yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (25/1).

Kedubes Palestina juga menyatakan bahwa pihaknya yakin masyarakat Indonesia tidak mudah tertipu oleh pihak-pihak yang berupaya memanfaatkan nama dan lambang Palestina untuk melegitimasi agenda terselubung kelompok tersebut.

Meskipun begitu, Kedubes Palestina menegaskan tetap menghargai posisi Indonesia yang mendukung Palestina untuk mencapai kemerdekaan.

Dukungan itu tercermin dalam berbagai hal, salah satunya, “dengan menggunakan atribut kaus berlambang Palestina dan pengibaran bendera Palestina bersama dengan Bendera Indonesia dalam upacara nasional.” (mb/cnn indonesia)

Related posts