Mulai 2026, FIFA Putuskan Kontestan Piala Dunia Jadi 48 Tim

Zurich – FIFA sudah membuat keputusan mengenai jumlah tim di putaran final Piala Dunia. Tahun 2026, Pesta sepak bola sejagat itu akan diikuti 48 tim di tahun 2026.

Wacana mengenai penambahan jumlah tim di putaran final Piala Dunia itu sudah muncul sejak tahun lalu. Gagasan itu dicetuskan oleh presiden FIFA yang baru, Gianni Infantino. Pada awalnya Infantino cuma ingin menambah delapan tim menjadi 40 tim finalis, tapi akhirnya diputuskan menjadi 48 tim.

Read More

Putaran grup akan dibagi menjadi 16 grup. Setiap grup akan diisi tiga tim, dua tim teratas bakal lolos ke babak fase gugur 32 besar. Keputusan itu ditetapkan dalam rapat Dewan FIFA yang berlangsung di Zurich, Swiss, Selasa (11/1).

“Dewan FIFA dengan suara bulat memutuskan Piala Dunia akan diikuti 48 tim mulai 2026: 16 grup yang diisi tiga tim. Untuk lebih detilnya akan diumumkan setelah pertemuan,” sebut Twitter resmi FIFA.

Ada sejumlah kekhawatiran atas sebagai imbas dari keputusan FIFA menambah finalis Piala Dunia ini. Seperti dilansir Reuters, salah satunya adalah menurunnya kualitas kompetisi di ajang empat tahunan itu.

Edisi Piala Dunia terakhir yang berlangsung di Brasil disebut-sebut menjadi salah satu edisi terbaik, menyusul adanya beberapa penampilan luar biasa dan hasil akhir yang mengejutkan.

Salah satu hasil mengejutkan itu adalah kemenangan Jerman atas Brasil dengan skor 7-1 di babak semifinal. Die Mannschaft akhirnya menjadi juara usai mengalahkan Argentina.

Presiden FIFA Gianni Infantino menegaskan, keputusan menambah peserta Piala Dunia didasarkan karena aspek olahraga, bukan demi uang. FIFA sudah membuat keputusan untuk menambah jumlah tim di putaran final Piala Dunia menjadi 48 tim untuk perhelatan pada tahun 2026 mendatang.

Penambahan jumlah peserta itu sendiri dinilai sejumlah kalangan sebagai strategi untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya saja. Tapi Infantino menepis anggapan tersebut. “Justru kebalikannya, ini merupakan sebuah keputusan yang erat kaitannya dengan sepakbola,” ujar Infantino kepada BBC.

“Setiap format memiliki keunggulan dalam aspek finansial. Kami berada dalam situasi yang nyaman untuk membuat keputusan murni berdasarkan pada aspek olahraga,” tuturnya.

Menurut riset FIFA, pendapatan dari turnamen dengan 48 peserta akan bertambah sekitar 5,29 miliar poundsterling, membuat adanya kenaikan potensi keuntungan menjadi 521 juta poundsterling.

“Ini merupakan sebuah keputusan bersejarah yang menandai masuknya Piala Dunia ke Abad 21,” sebut Infantino.(mb/detik)

Related posts