PM Jepang Dukung Penuh Kepemimpinan Jokowi di ASEAN

Metrobatam, Bogor – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menegaskan negaranya akan memberi dukungan besar bagi kelompok negara Asia Tenggara, ASEAN. Bahkan Abe juga menegaskan mendukung penuh kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam ASEAN.

Abe mengatakan usia ASEAN akan mencapai angka 50 tahun. Untuk itu, diperlukan kepemimpinan yang baik agar negara-negara ASEAN mampu mencapai cita-citanya.

Read More

“Jepang akan memberikan dukungan yang besar bagi ASEAN yang tahun ini akan memasuki usia 50 tahun, untuk menegakkan prinsip kesatuan ASEAN dan menuju setengah abad selanjutnya,” kata Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1/2017).

Abe menilai Jokowi mampu membawa ASEAN menjadi lebih baik lagi. Dia pun menegaskan akan mendukung Indonesia untuk memimpin ASEAN.

“Dan untuk itu diperlukan mutlak kepemimpinan Indonesia. Saya bertekad secara kuat mendukung Presiden Joko,” kata Abe.

Sementara itu, Abe juga menilai Indonesia mampu menangkal masalah terorisme, yang penyebarannya kini mengancam dunia internasional. Terlebih, Islam di Indonesia bersifat moderat.

“Di tengah penyebaran paham terorisme di Asia, kami sepakat bahwa Jepang akan bekerja sama dengan Indonesia yang merupakan negara besar dengan mayoritas penduduknya muslim moderat, agar dapat terwujud masyarakat di mana generasi mudanya mempunyai harapan,” kata Abe.(mb/detik)

Related posts