Polda Metro Jaya Segera Panggil Habib Rizieq Soal ‘Palu Arit’

Metrobatam, Jakarta – Polda Metro Jaya akan memeriksa Imam Besar FPI Habib Rizieq terkait laporan Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF). Rizieq dilaporkan atas ceramahnya soal mata uang baru berlogo ‘palu arit’.

“Sebentar lagi kita panggil di kasus uang bilang ‘palu arit’ itu. Jelas kok UU mengatur ujaran kebencian. Sudah jelas BI mengatakan itu uang bukan ‘palu arit’,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/1).

Read More

Terkait kapan pemanggilan itu dilakukan, Iriawan belum bisa memastikan. Dia mengatakan, pemeriksaan terhadap Rizieq akan dilakukan segera mungkin.

“Harus ada pelaksanaannya kalau yang lapor di saya kan jelas yah ada kan kita juga harus memenuhi unsur unsur itu. Ada dua, satu laporan yang segera kita panggil dan yang masalah uang ada ‘palu arit’ kita juga akan panggil,” ucapnya.

Iriawan mengatakan tidak ada ‘palu arit’ di uang Rupiah baru tersebut. Menurutnya, itu lambang atau logo BI.

“Itu ada rectoverso, nama sistem pengamanan uang dari tahun 2001. Diilihat terawang jelas logo BI bukan ‘palu arit’. Kita akan panggil,” ucapnya.

Terkait ceramah mengenai palu arit tersebut, Rizieq mengatakan itu merupakan hal yang nyata dan serius untuk disikapi. Karena palu arit, sebagaimana disampaikan Rizieq merupakan lambang komunis.(mb/detik)

Related posts