Sungai Batang Angkola Meluap, Ratusan Rumah di Tapsel Terendam

Metrobatam, Tapsel – Ratusan rumah di Desa Janji Manaon, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), terendam banjir. Peristiwa tersebut akibat meluapnya sungai Batang Angkola sejak beberapa hari yang lalu.

Pantauan di lokasi, ketinggian air mencapai 30 sentimeter di badan jalan. Sebagian permukiman warga juga terlihat sudah mulai digenangi air sedalam 15 cm. Banjir akibat tingginya curah hujan yang melanda kawasan tersebut, sehingga debit air Sungai Batang Angkola menjadi naik dan melimpah. Selain menggenangi rumah penduduk, banjir juga merendam puluhan hektar sawah milik warga di desa itu.

Read More

“Banjir sudah terjadi sejak dua hari yang lalu,” ujar Ibrahim Nasution, kepada wartawan ketika ditemui di lokasi.

Menurutnya, banjir mengganggu aktivitas warga di desa itu. Sebab, banyak rumah penduduk yang tergenang air, sehingga mereka tidak bisa tinggal berlama-lama di dalam rumah.

“Kalau debit air sungai tinggi, maka airnya langsung masuk ke pemukiman warga,” ujar laki-laki yang mengaku sebagai petani itu.

Lain lagi pengakuan Sakir Dalimunthe (35). Banjir menggenangi pemukiman warga ketika hujan deras melanda desa tersebut. Awalnga, air menggenangi badan jalan di kampung itu. Selanjutnya, air mulai masuk ke pemukiman. Dia mengatakan, banjir kerap dirasakan warga apabila air sungai terbesar di Tapsel tersebut meluap.

Dia juga mengakui, hingga saat ini belum ada perhatian pemerintah yang sedang dilanda banjir.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapsel Ibrahim Lubis mengatakan, tim dari BPBD Tapsel sudah disiagakan disejumlah daerah yang berpotensi terkena bencana alam, salah satunya di Desa Janji Manaon.

“Kami sudah menyiakan tim yang akan membantu warga apabila ada kemungkinan terburuk,” ujarnya ketika dihubungi.

Disebutkannya, banjir akibat meluapnya air Sungai Batang Angkola yang membentang sepanjang desa itu. “Saya berharap agar warga tetap waspada akan bertambah tingginya air,” imbuhnya.(mb/okezone)

Related posts