Tadi Sore, Rohul Riau Diguncang Gempa 5,3 SR

Metrobatam.com Riau – Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter terjadi di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Gempa tidak menimbulkan kerusakan bahkan getaran tidak dirasakan warga setempat.

Kepala BPBD Kabupaten Rohul Aceng Herdiana, mengatakan gempa terjadi, Jumat (13/1), pukul 16.23 WIB. Pusat gempa berada di Desa Lubuk Bilang, Kecamatan Rambah Samo di lokasi perkebunan kelapa sawit.

Read More

“Kami mengetahui adanya gempa setelah diberitahukan oleh BMKG dan BNPB,” kata Aceng.

Menurut Aceng, gempa yang terjadi tidak menimbulkan getaran sebagaimana umumnya. Sehingga masyarakat setempat juga tidak menyadari adanya gempa tersebut.

“Sejauh ini tidak ada efek apapun terkait gempa tersebut. Ini sangat mengejutkan kami, karena selama ini tidak pernah terjadi gempa di wilayah kami,” kata Aceng.

Aceng mengatakan, pihaknya akan segera mencari tahu terkait adanya gempa tersebut.

“Kita selama ini hanya mendengarkan bahwa Rohul memiliki potensi gempa yang sangat dahsyat. Tapi itukan baru cerita dari mulut-kemulut. Karena itu saya selaku BPBD akan mencari tahu ke instansi terkait soal potensi gempa tersebut. Ini perlu kita lakukan agar kita bisa lebih awal mengantisipasinya,” kata Aceng.

Sementara itu, Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin mengatakan, bahwa pusat gempa di Rohul berada di titik 0.76 LU (lintang utara), 100,43 BT (bujur timur) dan berada di kedalaman gempa 228 km.

“Gempa dalam akibat subduksi lempeng dan tidak ada dampak kerusakan akibat gempa ini. Subduksi lempengannya indoasutralia dan eurasia,” kata Sugarin saat dikonfirmasi terpisah. (MB/Detik)

Related posts