Diduga akan Gabung ISIS, Warga Lombok Dideportasi dari Jepang

Metrobatam, Jakarta – Seorang WNI berasal dari Lombok, NTB bernama Azni Muzakir alias Abdul Zakir (44) dipulangkan dari Jepang karena diduga akan bergabung dengan gerakan ISIS. Saat ini Azni Muzakir telah berada di Bali sejak hari Rabu (15/2).

“Kita dapatkan info ada orang diduga akan bergabung dengan ISIS di Jepang. Itu dugaan sementara,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul, di kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Jakarta Selatan, Jumat (17/2).

Read More

Selain karena diduga mau masuk ISIS, dipulangkannya Azni Muzakir juga dikarenakan karena overstay dan pemalsuan dokumen. Sekarang dia sedang diamankan di Polda Bali. Martinus mengatakan saat ini Tim Densus 88 Antiteror telah berada di bandara Soekarno-Hatta untuk menjemput Azni Muzakir.

“Yang kita peroleh yang bersangkutan overstay di sana (Jepang) yang oleh otoritas Jepang pulangkan. Saat yang bersangkutan ini sudah di Bali yang direncanakan akan diterbangkan ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan intensif. Tim densus sudah di bandara Soekarno-Hatta,” jelas Martinus.

Nantinya Azni Muzakir akan diperiksa oleh Densus secara intensif selama 7×24 jam. Jika benar ditemukan keterkaitan dengan gerakan radikal ISIS, Azni akan ditahan. “Kalau tidak ada keterkaitan (dengan ISIS) akan diserahhkan ke keluarganya lewat Kemensos,” pungkasnya.(mb/detik)

Related posts