KH Said Aqil Siraj: Yang Kalah Harus Bersabar, Yang Menang Tetaplah Rendah Hati

Metrobatam, Jakarta – Merespons hajatan pemilhan kepala daerah yang dilaksanakan secara serentak di 101 titik diseluruh Indonesia, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk benar- benar mewujudkan Pilkada tanpa konflik.

Kang Said- sapaan akrabnya- menyatakan, Pilkada sudah terlaksana dengan baik, sehingga ia meminta seluruh masyarakat tetap menjaga suasana rukun dan keguyuban antar masyarakat.

Read More

“Ayo kita kawal bersama agar suasana rukun dan guyub ini terus terjaga,” kata Kiai Said Aqil sesaat setelah mencoblos di TPS di samping kediamannya di Ciganjur, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Februari 2017.

Kiai Said menuturkan, ketenangan masyarakat pasca-pencoblosan sangat ditentukan oleh pernyataan sikap dan tindakan para elite politik. Maka dari itu, ia meminta semua pihak yang berkepentingan langung dengan Pilkada harus mampu mengendalikan diri.

“Yang kalah harus bersabar, yang menang tetaplah rendah hati,” tandas pengasuh Pondok Pesantren as-Tsaqofah ini.

Kiai asal Cirebon ini meyakini jika masyarakat mampu mempertahankan kondusifitas pasca-pencoblosan, maka hal ini adalah potret kemajuan demokrasi di Indonesia yang sangat luar biasa.

“Demokrasi makin matang dan tentu manfaatnya kembali ke masyarakat,” ujar Kiai Said Aqil. (mb/okezone)

Related posts