Orangutan Dibunuh dan Dimasak, Komisi IV Minta Polisi Usut Tuntas

Metrobatam, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan mendapat laporan adanya seekor Orangutan yang dibunuh lalu dikuliti dan dipotong-potong untuk dikonsumsi di Kapuas, Kalimantan Tengah. Daniel pun meminta pihak berwajib dan terkait untuk mengusut pelakunya.

Laporan didapat Daniel dari masyarakat yang mendapat informasi dari saksi langsung soal peristiwa yang terjadi pada Sabtu (28/1) lalu. Selain kepada pihak kepolisian, dia juga meminta kepada Gubernur Kalteng Sugianto Sabran untuk segera mengambil tindakan tegas.

Read More

“Saya meminta pihak berwajib segera menelusuri dan menindaklanjuti laporan masyarakat yang saya terima ini,” ungkap Daniel kepada detikcom, Selasa (14/2).

“Termasuk agar gubernur memberi perhatian serius laporan ini, karena saya tahu pasti bagaimana gubernur memiliki perhatian yang besar dalam konservasi dan perlingungan satwa langka,” imbuh politikus PKB itu.

Peristiwa itu terjadi di areal Kebun Sawit milik sebuah perusahaan yang berada di Desa Tumbang Puroh, Kecamatan Sei Hanyo, Kabupaten Kapuas, Kalteng. Menurut cerita yang disampaikan pelapor, awal kejadian bermula saat seorang pekerja tengah mengambil buah sawit.

Pekerja itu lalu bertemu dengan Orangutan yang masuk dalam areal perkebunan dan dikejar oleh si Orangutan. Saat kembali ke camp, pekerja ini lantas menceritakan soal Orangutan itu kepada sejumlah temannya dan beberapa warga setempat.

Mereka lalu tertarik untuk mencari lagi keberadaan hewan yang termasuk dalam satwa dilindungi tersebut. Saat akhirnya berhasil ditemukan, Orangutan itu dibunuh dengan cara ditembak. Bangkainya lalu dibawa ke Camp dan dikuliti serta dipotong-potong.

Orangutan Dibunuh dan Dimasak, Komisi IV Minta Polisi Usut TuntasFoto: Istimewa
Dagingnya lalu dimakan oleh pekerja Kebun Sawit dan masyarakat setempat. Untuk lokasi pembuangan tengkorak atau sisa tubuh Orangutan, pelapor tidak mendapat informasi dari saksi.

Komisi IV DPR yang juga membidangi masalah Kehutanan itu menaruh perhatian serius terhadap peristiwa keji itu. Daniel juga meminta agar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya segera turun tangan untuk menangani kejahatan terhadap hewan yang dilindungi ini.

“Ibu menteri harus segera mengutus pejabat berwenang mengusut tuntas kejadian ini, agar hal yang sama tidak pernah terulang lagi,” ujarnya.

“Komisi IV akan menanyakan hasil dari penindakan yang dilakukan kementerian LHK,” sambung Daniel.(mb/detik)

Related posts