Sabu yang Diselundupkan dengan Kapal Ikan Capai 14 Kg

Metrobatam,Jakarta – Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea-Cukai membongkar upaya penyelundupan narkotika jenis sabu dari Malaysia. Kepala BNN Komjen Budi Waseso menyebut petugas sudah lama melakukan pengintaian.

“Kita melakukan langkah-langkah penegakan hukum ini dari pemanfaatan informasi yang kita kembangkan. Jaringan ini adalah jaringan Malaysia yang sudah diikuti sejak lama,” kata Budi Waseso (Buwas) di Tempat Pelelangan Ikan Muara Angke, Jakarta Utara, Jumat (3/2).

Read More

Pelaku menggunakan kapal kayu yang biasa digunakan untuk membawa ikan. Kapal jenis ini identik dipakai oleh nelayan.

Penggunaan kapal kayu, menurut Buwas, menjadi modus para pelaku untuk dapat menyelundupkan sabu. Petugas sudah lama mendeteksi para pelaku, namun baru kali ini petugas dapat mengambil tindakan.

“Mereka pakai modus operandi bersandar ke pelabuhan laut ikan supaya tersamar bahwa ini kirimannya ikan. Ini sudah lama kita deteksi, cuma timing-nya belum tepat. Beberapa kali mereka berusaha menyelundupkan,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan jaringan Malaysia ini membutuhkan waktu 3 hari untuk mencapai dermaga Pelabuhan Muara Angke. Pelaku sempat berputar-putar di Teluk Jakarta untuk menyamar sebagai nelayan.

“Ini jaringan Malaysia, berangkat dari Malaysia ke Tembilahan di selatan Sumatera. Kemudian berganti kapal kayu lagi menyusuri pantai ke Jakarta. Mereka butuh 3 hari untuk sampai di Teluk Jakarta. Mereka berputar-putar menyamarkan penyelundupan ini,” ujar Heru.

“Mereka melihat di sini banyak kapal kayu. Tapi kapal kita ada di sini, karena ada pangkalan di sini,” sambungnya.

Kemudian petugas gabungan menangkap mereka menggunakan kapal patroli Bea-Cukai pada Kamis (2/2) malam. Kelima tersangka ditangkap di Pulau Pramuka setelah sempat kehilangan kontak dengan kapal pelaku di Pulau Harapan.

Dalam kasus ini, ada enam tersangka yang berusaha menyelundupkan sabu. Satu orang WN Malaysia tewas ditembak petugas karena berusaha melarikan diri.

Petugas kemudian menyita barang bukti berupa 14 paket sabu untuk dilakukan penimbangan kembali serta dilakukan uji laboratorium untuk mengecek kualitas sabu tersebut. Taksiran awal berat keseluruhan sabu 14 kg.(mb/detik)

Related posts