Solusi Jokowi Soal Demokrasi Kebablasan: Penegakan Hukum Tegas

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyebut demokrasi yang ada di Indonesia sudah kebablasan. Kunci jalan keluar dari demokrasi kebabasan adalah penegakan hukum yang tegas.

“Kuncinya.. kuncinya dalam demokrasi yang sudah kebablasan adalah penegakan hukum,” ujar Jokowi dalam acara pelantikan pengurus Hanura di Sentul International Convention Center, Sentul, Bogor, Rabu (22/2).

Read More

Jokowi meminta penegak hukum untuk tidak ragu dalam mengusut suatu kasus. Ketegasan diperlukan. “Aparat hukum harus tegas. Tidak usah ragu-ragu,” ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan.

Jokowi lantas menyinggung mengenai banyaknya hoax yang beredar. Kabar bohong tersebut jika tidak disikapi dengan tegas maka bisa-bisa menimbulkan perpecahan.

“Ini ujian bagi bangsa kita. Tapi kalau kita bisa lalui dengan baik, ini menjadikan kita semakin matang dan tahan uji,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan dalam 4-5 bulan terakhir, tenaga dan pikiran pemangku kepentingan tersita karena persoalan tersebut. Sang kepala negara mengingatkan bahwa tugas utama adalah menyerahterakan rakyat.

“Jangan sampai kita lupa, seperti dalam 4-5 bulan ini, sehingga lupa pada persoalan ekonomi kita,” ujar Jokowi.(mb/detik)

Related posts