Hari ini Jokowi Ajak Raja Salman ke Masjid Istiqlal dan Tanam Pohon

Metrobatam, Jakarta – Di hari kedua kunjungannya ke Indonesia, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud akan meninjau Mesjid Istiqlal, Jakarta ditemani oleh Presiden Joko Widodo. Tak hanya itu, keduanya akan melanjutkan pertemuan di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Informasi yang dihimpun dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (2/3), setelah waktu salat Zuhur, Jokowi mengajak Raja Salman untuk meninjau Masjid Istiqlal. Keduanya juga direncanakan untuk melakukan salat Tahiyatul Masjid.

Read More

Selepas kegiatan di Masjid Istiqlal, Jokowi mengajak Raja Salman ke Istana Kepresidenan Jakarta. Jokowi dan Raja Salman akan melakukan penanaman pohon di halaman tengah Istana Kepresidenan Jakarta.

Selanjutnya, Jokowi dan Raja Salman akan melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi juga akan mengundang tokoh Islam Indonesia dalam pertemuan itu.

Belum diketahui siapa saja tokoh yang diundang dalam pertemuan itu. Juga belum diketahui apa saja yang akan dibahas dalam pertemuan itu.

Sebelum bertemu Jokowi, Raja Salman dijadwalkan mengunjungi Gedung DPR/MPR. Raja Salman akan melakukan kunjungan napak tilas dan berpidato di hadapan anggota MPR, DPR dan DPD.

Tidak Ada Penutupan Pantai
Selama di Indonesia, Raja Salman direncanakan liburan ke Bali pada tanggal 4 Maret nanti. Turis tak perlu khawatir, tidak ada yang namanya tutup-menutup pantai.

Tahun 2015 lalu, Raja Salman dan rombongan berkunjung ke Prancis dan berlibur di kawasan Vallauris. Kawasan pantai di sana pun ditutup sekitar 300 meter di sekeliling tempat bermalam Raja Salman. Apakah di Bali nanti, tepatnya di kawasan Nusa Dua tempat sang raja bermalam akan berlaku hal yang sama?

“Nggak ada himbauan seperti itu, Bali tidak ada penutupan pantai saat Raja Salman datang,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bali, Anak Agung Gede Yuniartha kepada detikTravel, Kamis (2/3).

Agung Gede menegaskan, wisatawan dan turis mancanegara dapat berlibur seperti biasa ketika Raja Salman dan rombongannya mengunjungi Bali pada tanggal 4 sampai 9 Maret mendatang. Hanya saja beberapa hotel dan resor di kawasan Nusa Dua yang dikabarkan akan ditempati Raja Salman dan rombongan, di situlah pantainya mungkin agak privat.

“Untuk soal itu, mungkin itu bagaimana mereka (rombongan Raja Salman) dengan manajemen hotel. Tapi secara umum di kawasan Nusa Dua dan sekitarnya, pantai-pantai publik yang tidak berada di kawasan hotel dan resor tetap dibuka seperti biasa,” paparnya.

“Wisatawan akan tetap nyaman saat liburan di Bali,” pungkas Agung Gede. (aff/wsw)

Ditambah 7 Slot Penerbangan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ikut menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara Indonesia dengan Arab Saudi. MoU yang diteken Budi tersebut berkenaan dengan otoritas penerbangan sipil.

Budi mengatakan, intinya, MoU tersebut memberikan kebebasan tanpa batas untuk penerbangan sipil di bandara-bandara utama, baik di Arab Saudi maupun di Indonesia.

“Kalau dulu ada batasannya, dan sekarang tanpa batas. Sekarang tinggal penentuan slot saja nanti,” kata Budi Karya saat berincang dengan detikcom, Rabu (1/3) malam.

Budi menjelaskan, dalam MoU itu, Indonesia mendapat penambahan 7 slot penerbangan di tiga kota Indonesia. “Indoneasia ditambahi 7 slot seminggu untuk daerah Solo, Balikpapan dan ada satu kota lagi,” kata Budi.

Slot itu merupakan penerbangan langsung dari Indonesia ke Arab Saudi, baik ke Jeddah maupun Madinah. Penerbangan ini juga di diprioritaskan untuk ibadah haji dan umrah. “Ini untuk penerbangan haji kan ada kuotanya. Saudara kita kan banyak juga yang ikut umrah. Nah, kalau penerbangannya banyak kan bagus,” kata Budi.

Budi juga menegaskan, MoU ini memberikan keuntungan yang besar untuk Indonesia. “Keuntungannya besar sekali. Selama ini kita untuk dapatkan slot di Arab Saudi khususnya ke Madinah dan Jeddah itu susah sekali. Jadi dengan ini kita dapat penambahan slot, jadi jumlah penerbangan lebih tinggi,” kata Budi.(mb/detik)

Related posts