Pansus DPR Mau ke Jerman dan Meksiko, Mendagri: Untuk Tambah Wawasan

Metrobatam, Jakarta – Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu di DPR berencana untuk studi banding ke Jerman dan Meksiko. Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa hal tersebut bukan suatu hal yang perlu dipermasalahkan.

“Oh, saya kira engga ada masalah,” ujar Tjahjo seusai menghadiri acara peringatan ulang tahun pemadam kebakaran yang ke-98 di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (1/3/2017).

Read More

Tjahjo menyatakan bahwa studi banding tersebut merupakan bagian dari pembahasan RUU yang dilakukan secara bersama. Dia mengatakan waktu untuk melakukan kegiatan itu masih cukup.

“Sudah kita bicarakan, waktunya masih cukup, waktunya masih ada, DPR juga punya anggaran. Saya kira ini kan momentumnya akan melaksanakan Pileg dan Pilpres serentak,” ungkap mantan anggota DPR ini.

Lebih lanjut, Tjahjo mengungkapkan bahwa DPR juga telah berkoordinasi dengan banyak pihak di Indonesia. Perguruan tinggi, elemen masyarakat sampai media-media juga disebut Tjahjo telah didatangi oleh DPR guna membahas RUU Pemilu tersebut.

“DPR sudah ke semua perguruan tinggi, bertemu elemen masyarakat, bertemu redaksinya media-media. Sudah ketemu semua pihak, sisa waktu ini saya kira perlu untuk studi banding,” tuturnya.

Tjahjo menuturkan semua pakar di Indonesia sudah ditemui terkait pembahasan RUU Pemilu. Oleh sebab itu, kunjungan ke Jerman dan Meksiko diharapkan bisa menambah wawasan anggota DPR.

“Sudah semua di Indonesia. Lah untuk menambah wawasan dalam rangka membahas RUU itu saya kira tidak ada masalah, DPR juga sudah menganggarkan,” katanya.

Tjahjo menegaskan bahwa kegiatan ini harus dipikirkan secara positif. Menurutnya pemerintah tidak ada masalah apapun terkait studi banding ke luar negeri ini.

“Harus berpikir positif, bahwa tujuan pansus ini kalau mau keluar negeri pemerintah tidak ada masalah, silakan, karena waktunya juga cukup. Yang penting untuk bisa menambah wawasan, menambah pengetahuan bagaimana untuk bisa merumuslan RUU ini,” ucap Tjahjo.(mb/detik)

Related posts