Karimun Masuk Nominasi Peraih Adipura Buana 2017

Metrobatam.com, Karimun – Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau masuk nominasi calon peraih Adipura, setelah pada 2016 juga meraih penghargaan serupa.

Bupati Karimun Aunur Rafiq di Tanjung Balai Karimun, Jumat mengatakan, Karimun masuk nominasi peraih Adipura Buana 2017 bersama tiga kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Bintan, Tanjungpinang dan Lingga.

Bupati mengatakan, dirinya baru saja mempresentasikan program kebersihan dari tahun ke tahun di depan Dewan Pertimbangan Kementerian Lingkungan Hidup, yang merupakan salah satu tahapan penilaian Adipura.

“Presentasi tersebut merupakan finalnya, yang memaparkan kebijakan pemerintah daerah bersama para pemangku kepentingan tentang kebersihan di daerahnya. Hasil penilaian Dewan Pertimbangan akan diumumkan pada 5 Juli 2017,” katanya.

Bacaan Lainnya

Dalam paparannya, Aunur Rafiq menyampaikan beberapa program kebersihan, salah satunya menargetkan daerah pesisir bersih dari sampah pada 2018 dengan menekan pencemaran di laut dari sampah.

Dijelaskannya, pemerintah daerah telah melaksanakan beberapa program kebersihan yang termasuk dalam penilaian Adipura, seperti pengelolaan tempat pembuangan akhir sampah, penguraian sampah atau pengomposan, pengelolaan bank sampah.

Selain itu, kebijakan tentang penghijauan juga telah dilakukan, serta pelibatan internal dan eksternal dalam menjaga kebersihan dan mengelola sampah di kawasan pesisir.

Kementerian Lingkungan Hidup, menurut dia, juga mengundang pemerintah daerah untuk berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, guna melihat langsung pengelolaan sampah menggunakan mesin yang mampu mengurai sampah organik dan nonorganik.

“Kami berencana akan berkunjung Sidoarjo usai Lebaran, dan pada 2018 kita akan membeli mesin pengurai sampah tersebut,” katanya.

Kabupaten Karimun pada 2016 meraih penghargaan Adipura Kirana, sebuah penghargaan untuk kota yang menerapkan konsep kebersihan yang mendukung iklim investasi dan wisatawan serta ekonomi.

“Kami mengajak seluruh komponen masyarakat agar mendukung upaya untuk meraih kembali penghargaan Adipura. Adipura memang bukan segalanya, tetapi menjadi motivasi untuk menumbuhkembangkan budaya hidup bersih di tengah masyarakat,” kata bupati. (Antara)

Pos terkait