Janji Manis Anies-Sandi DP Rumah 0 Rupiah, Sulit Bisa Terealisasi

Metrobatam, Jakarta – Salah satu program Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, adalah menyediakan hunian dengan uang muka (DP) nol rupiah.

Namun, harapan warga Jakarta yang berpengahsilan UMK itu nampaknya harus segera dikubur dalam – dalam. Tidak adanya ketersediaan lahan tidak memungkinkan janji manis Anies-Sandi saat kampanye Pilkada tersebut bisa terealisasi.

Bacaan Lainnya

CEO Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda mengungkapkan, hunian dengan DP nol rupiah sulit untuk disediakan dalam bentuk rumah tapak (landed) karena terbatasnya lahan di DKI Jakarta. Sehingga hunian dengan bentuk vertikal seperti rumah susun (rusun) menjadi solusi menyediakan hunian dalam jumlah yang banyak.

“Vertikal, kalau landed (rumah tapak) enggak bisa lah,” tutur Ali.

Selain membangun hunian di dekat stasiun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, juga perlu melakukan pemetaan terhadap lahan-lahan milik Pemprov yang masih bisa dimanfaatkan untuk dibangun hunian.

“Bisa, yang paling gampang tanah Pemprov DKI dipetakan yang mungkin masih bisa digunakan,” ujar Ali.

Meskipun hal tersebut, lanjut Ali, status tanahnya bukan hak milik tapi hak pemakaian lahan. Pasalnya tanah yang dimiliki negara atau Pemprov tidak dapat dipindahtangankan. “Sama seperti KAI tanahnya kan tanah KAI. Jadi konsumen yang beli di sana hak pemakaian lahan enggak masalah 30 tahun bisa diperpanjang,” uhar Ali.

Harga hunian yang dapat dicicil dengan DP nol rupiah berada di kisaran Rp 300-400 jutaan dengan lama cicilan hingga 20 tahun.

Dengan lama cicilan hingga 20 tahun, masyarakat yang ikut program ini perlu membayar cicilan sekitar Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta setiap bulannya.

Ali menambahkan, tipe ruangan yang dapat dimiliki dengan rentang harga tersebut adalah tipe 21 dan 36. Namun, interior ruangan yang didapatkan tidak bisa sebagus apartemen komersial. “Tipe 21 masih bisa lah, tipe 36 masih bisa kalau sampai Rp 400 juta,” tutur Ali.(mb/detik)

Pos terkait