PPP Cari Figur yang Bisa Dongkrak Elektabilitas Jokowi di 2019

Metrobatam, Jakarta – PPP kembali mendukung Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Awiek) mengatakan belum memilih siapa yang akan diusung sebagai pendamping Jokowi, namun harus representasi dari kalangan Islam.

“PPP dalam hal ini, sampai saat ini, belum mengarah pada figur tertentu, tetapi kriteria calon sudah kita petakan untuk mendongkrak keterpilihan Pak Jokowi,” ujar Awiek di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakpus, Senin (16/10).

Bacaan Lainnya

“Di antaranya yang paling memungkinkan adalah harus representasi dari kalangan Islam. Karena kenapa? Kaum muslim di Indonesia itu mayoritas,” imbuhnya.

Awiek mengatakan hal ini untuk mendongkrak kemenangan Jokowi. Menurutnya, cawapres dari kalangan Islam akan menjadi koalisi yang saling melengkapi.

“Kalau dibawa ke election itu jumlahnya cukup signifikan untuk mendongkrak kemenangan. Pak Jokowi dari kalangan nasionalis, kalau wapres itu dari kalangan Islam akan terjadi koalisi nasionalis religius dan saling melengkapi,” ujar Awiek.

Dia mengatakan hal ini telah terbukti saat pemilihan Presiden RI sebelumnya. Awiek juga mengatakan PPP mencari figur yang dapat menaikkan elektabilitas Jokowi.

“Dan itu sudah terjadi di beberapa pemilihan presiden. Misalkan bagaimana Gus Dur menggandeng Megawati, Megawati dengan Hamzah Haz, Pak SBY dan Pak JK yang dianggap representasi dari aktivis muslim, misalnya. Sekarang Pak Jokowi dengan Pak JK. Ke depan, Pak Jokowi bisa jadi dengan salah satu tokoh Islam di Indonesia,” tutur dia.

“Karena kita mencari figur yang bisa mendongkrak elektabilitas Pak Jokowi. Jangan sampai mencari figur yang sama dari rumpun. Mencari suara itu kan yang suara tambahan kelompok lain yang belum terlengkapi oleh salah satu figur,” sambungnya. (mb/detik)

Pos terkait