Mau Maju Pilgub Jabar? Menteri Susi: Nggak Lah, Bandung Tak Punya Laut

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menunggu detik-detik peledakan kapal nelayan asal Thailand di Selat Dempo, Kepri, Senin (9/2). Kapal bersama 12 nelayan asing itu ditangkap oleh Kapal Patroli (KP) Hiu 009 Bakorkamla saat menangkap ikan dengan jaring pukat harimau (trawl) di perairan Tambelan, Kepri bulan November 2014 lalu . ANTARA FOTO/Joko Sulistyo/ed/ama/15

Metrobatam, Jakarta – Menteri Susi Pudjiastuti mengaku tak akan menerima pinangan parpol menuju Pilgub Jabar. Apa alasannya?

Nama Susi masuk bursa cagub Jabar dari PDIP. Partai berlambang banteng moncong putih ini memasukkan nama Susi dalam list penjaringan cagub Jabar. Namun Susi sendiri menyebut itu hanya rumor saja. “Nggak, rumor saja,” kata Menteri Susi saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (2/11).

Bacaan Lainnya

Kalaupun benar nantinya PDIP akan meminang Susi maju Pilgub Jabar, menteri nyentrik ini juga akan menolaknya. Dia rupanya masih ingin mengurus laut Indonesia yang kaya sumber daya alam. “Nggak lah, Bandung nggak punya laut,” kata Susi.

Sebelumnya diberitakan PDIP melirik Susi sebagai cagub yang akan diusung di Pilgub Jabar. Kehadiran Susi diyakini bisa memanaskan Pilgub Jabar.

Namun, akankah Susi jadi penantang kuat Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar yang jadi cagub terkuat saat ini? “Lihat saja gaya diskonya,” seloroh Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Kamis (2/11).

Seloroh Hendrawan tentu bukan untuk meremahkan Ridwan Kamil ataupun Deddy Mizwar yang kini berada di puncak survei cagub Jabar. Namun ia menilai Susi punya rekam jejak yang menjanjikan.

“Bukan sombong ya, tetapi rekam jejaknya luar biasa,” kata Hendrawan.

Ia mengungkap Susi pernah jadi salah satu enterpreneurship of the year pada saat dirinya jadi juri di acara tahun 2007 silam. Namun sampai kini PDIP belum dapat kepastian Susi akan mau diusung di Pilgub Jabar.

“Andaikata Bu Susi bersedia, ini tontonan yang menarik di Pilkada 2018. Jawa Barat akan jadi medan tontonan demokrasi yang paling seru,” pungkasnya. (mb/detik)

Pos terkait