Bambang Soesatyo atau Bamsoet Resmi Menjabat Ketua DPR RI

Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai ketua DPR. Bamsoet telah ditunjuk fraksi Golkar menggantikan Setya Novanto yang terjerat kasus korupsi

Metrobatam.com, Jakarta – Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali telah melantik Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai ketua DPR. Bamsoet telah ditunjuk fraksi Golkar menggantikan Setya Novanto yang terjerat kasus korupsi.

Mengawali momen pelantikan, Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto memimpin langsung sidang paripurna dengan agenda diantaranya pelantikan ketua DPR. Hadir juga Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan dan Fahri Hamzah.

Read More

Nampak Bamsoet dengan balutan jas hitam dan peci hitam serta dasi kuning menyala telah hadir di meja paling depan ruang paripurna DPR. Sebelum pelantikan sudah disiapkan kursi kecil dan mikrofon sebagai tempat pengambilan sumpah.

“Acara rapat paripurna hari ini adalah pengambilan keputusan terhadap pemberhentian ketua DPR RI. Penetapan ketua pengganti DPR RI. Pelantikan anggota pergantian antar waktu,” kata Agus dalam sidang paripurna di DPR, Jakarta, Senin 15 Januari 2018.

Agus membacakan pimpinan telah menerima surat dari DPP Golkar dan fraksi Golkar yang ditujukan untuk pimpinan DPR perihal penggantian ketua DPR. Pimpinan sidang pun menyerahkan acara pelantikan pada sekjen DPR.

Bamsoet pun berdiri di hadapan meja kecil yang disediakan untuk pengambilan sumpah berhadapan dengan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Lalu di depan mereka berdiri berjajar para wakil ketua DPR Agus Hermanto, Taufik Kurniawan, dan Fahri Hamzah. Lalu rohaniwan juga berdiri tepat di samping Bamsoet.

“Sebelum memangku jabatan sebagai ketua dewan saudara wajib bersumpah. Apakah anda bersedia?” Kata Hatta yang dijawab kesediaan oleh Bamsoet pada kesempatan yang sama.

Bamsoet pun mengikuti ucapan sumpah yang dibacakan Hatta Ali. “Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai ketua DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945,” kata Bamsoet.

Setelah dilantik, Bamsoet, Ketua Mahkamah Agung, dan rohaniwan pun menandatangani berita acara sumpah. Para pimpinan DPR pun berfoto bersama di depan meja sidang pimpinan DPR.

“Pimpinan dewan mengucapkan selamat pada pimpinan yang baru dilantik,” kata Agus.

 

Dilansir dari viva.co.id

Related posts