Disebut Cagub Impor, Djarot Ungkit soal Pengalaman

Metrobatam, Jakarta – Bakal calon gubenur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat menyindir balik para pengkritiknya yang kerap menyebutnya sebagai calon gubernur impor. Ia mengungkit-ungkit soal pengalaman kandidat lain di di pemerintahan tingkat provinsi.

“Dia punya pengalaman tidak jadi gubernur?” kata Djarot kemarin di Medan dalam deklarasi Barisan Relawan Djarot-Sihar (Bara Djoss).

Read More

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berpasangan dengan Sihar Sitorus di Pilkada Sumut. Mereka akan berpasangan dua pasangan lain, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Jopinus Ramli Saragih- Ance Selian.

Dari dua cagub lain, hanya Djarot yang berasal dari luar Sumut. Lahir di Magelang, Jawa Tengah, Djarot pernah menjadi Wali Kota Blitar dua periode sebelum menjadi Wakil Gubernur dan Gubernur DKI Jakarta.

Djarot mengatakan, dalam memilih pemimpin di pemerintahan, tolak ukurnya jelas. “Kompetensinya, kapasitas, integritas dan kejujuran, track record, pengalamannya,” kata Djarot.

Menurutnya, jika tidak punya pengalaman memimpin, lantas coba-coba, yang dikhawatirkan malah akan terjadi kesalahan.

Dua cagub pesaing Djarot tidak punya pengalaman jadi gubernur, Edy Rahmayadi punya latar belakang militer. Jabatan terakhirnya Pangliman Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat dengan pangkat letnan jenderal. Sementara JR Saragih meski pernah jadi Bupati Simalungun dua periode, tapi tidak pernah jadi gubernur.

Pasangan Djarot-Sihar (Djoss) diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan. Sementara Edy-Musa diusung Golkar, Gerindra, Hanura, PKS, PAN, dan Nasdem. Sementara pasangan JR Saragih-Ance Selian diusung Demokrat, PKB dan PKPI.

Siap Turun Gunung

Di tempat terpisah Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu daerah yang akan direbut oleh PAN melalui perhelatan Pilkada serentak. Partai berlambang matahari itu siap mengerahkan semua kekuatannya untuk memenangkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Ijeck).

Menurut Eddy, untuk memuluskan harapannya itu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan siap turun gunung atau datang ke Sumatera Utara untuk mengkampanyekan langsung pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah.

“Iya, pasti turun gunung. Tujuannya adalah untuk memenangkan Pilgub Sumatera Utara pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah,” kata Eddy saat berbincang-bincang dengan Okezone, Senin (4/2).

Dengan kehadiran Zulkifli Hasan yang kebetulan juga sebagai Ketua MPR RI itu masyarakat Sumatera Utara semakin simpatik dengan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah yang juga diusung Partai Gerindra dan PKS tersebut.

Eddy menambahkan, PAN juga telah menyiapkan kekuatan penuh di Sumatera Utara. Semua kader khususnya yang menjabat sebagai anggota DPRD telah diminta untuk mulia menyapa konstituen masing-masing mensosialisasikan Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah.

“Pokoknya kita gerakan seluruh jaringan kita untuk pemenangan pasangan Edy Rahmayadi, tidak ada yang tidak bekerja di seluruh jaringan, seluruh anggota DPRD-nya, bekerja penuh untuk kemenangan Bapak Edy Rahmayadi,” pungkasnya. (mb/cnn indonesia/okezone)

Related posts