Erick Thohir Rame-rame Dijagokan Jadi Ketua Timses Jokowi-Amin

Metrobatam, Jakarta – Erick Thohir rame-rame dijagokan koalisi partai pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk mendudki kursi ketua timses. Koalisi partai pendukung petahana itu tidak ada yang kebertan jika Erick Thohir memegang tampuk sebagai ketua Timses Jokowi-Amien.

Wasekjen PKB Daniel Johan menyebut Erick Thohir merupakan tokoh yang punya rekam jejak jelas. “Berhasilnya Asian Games menjadi modalitas Pak Erick pantas sebagai salah satu kandidat ketua timses,” ujar Daniel, Rabu (29/8).

Read More

Daniel memuji sosok Erick. Meski demikian, Daniel menegaskan bahwa penunjukan ketua timses sepenuhnya di tangan Jokowi bersama ketua umum partai koalisi.

“Selain muda, smart dan bisa menggaet milenial. (Erick) Masuk kriteria tapi keputusan tetap di tangan Presiden bersama ketum-ketum koalisi,” jelas Daniel.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kritiyanto, menyebut nama Erick Thohir sebagai kandidat favorit Ketua TKN berdasarkan survei. Namun belum ada keputusan resmi.

“Ya itu aspirasi berdasarkan survei, itu hal-hal wajar di demokrasi itulah seninya,” kata Hasto kepada wartawan di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/8/). Hasto menjawab soal kabar Erick Thohir jadi ketua timses Jokowi-Ma’ruf.

Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang alias Oso setuju jika pengusaha Erick Thohir menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional pasangan capres Joko Widodo dan cawapres Maruf Amin di Pilpres 2019.

Menurutnya, Erick merupakan sosok yang punya segudang prestasi. “Saya kenal ini anak dari masih kecil dan memang pekerja. Jadi sah-sah saja kalau jadi (Ketua TKN), banyak orang (setuju), saya juga setuju,” ujar Oso di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (29/8).

Meski menyetujui Erick, Oso menegaskan Jokowi merupakan orang yang berhak menentukan siapa sosok yang menjadi Ketua TKN. Jokowi, kata dia, paling mengetahui situasi politik jelang Pilpres 2019.

Tak hanya itu, Oso mengatakan Ketua TKN harus diterima oleh semua parpol koalisi. Sebab, ia menyebut Ketua TKN merupakan sosok utama untuk menggerakkan partai untuk memenangkan Jokowi-Maruf di Pilpres 2019.

Di sisi lain, Oso menyatakan peran Erick yang kini menjabat sebagai Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) ini jika terpilih menjadi Ketua TKN untuk memecah suara pemilih di tingkat kelas menengah. Hal itu terkait dengan posisi Erick dan cawapres Sandiaga Uno yang sama-sama berada di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Tetangga Kelojotan

Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah Zubir mengatakan, Erick Thohir memiliki kapasitas yang mumpuni untuk menjadi Ketua TKN. Bahkan, menurut Inas, kapasitas Erick melebihi bakal cawapres Sandiaga Uno.

“Kapasitas-nya lebih besar dari Sandiaga Uno, karena itu kalau Erick Thohir jadi ketua TKN, bisa jadi tim tetangga kelojotan,” ujar Inas kepada detikcom, Rabu (29/8).

Inas juga mengatakan, sebagai pengusaha, Erick termasuk salah seorang pengusaha yang sukses di Indonesia. Apalagi ditambah dengan kesuksesannya sebagai Ketua INASGOC yang menyelenggarakan Asian Games dengan luar biasa.

“Jadi lengkap asam garam yang dia miliki, yakni memimpin perusahaan, entertainment dan organisasi,” katanya.

Begitu juga PKPI mengaku tak keberatan jika Erick Thohir menjadi bagian tim sukses Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan menyebut Erick Thohir sudah terbukti sebagai salah satu putra bangsa.

“Mas Erick Thohir adalah salah satu putra terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia saat ini, terbukti dari gelaran opening ceremony sampai seluruh rangkaian kegiatan di Asian Games yang berjalan baik,” kata Verry kepada wartawan, Rabu (29/8/2018).

Verry tak menutup pintu bagi sosok berkompeten yang ingin jadi bagian timses Jokowi. PKPI mendukung tokoh-tokoh terbaik bergabung ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf.

“Tentu saja siapapun yang memiliki kompetensi yang sesuai dapat menjadi bagian dari TKN. PKP Indonesia aktif mendorong semua kandidat terbaik untuk duduk di TKN demi sukses bersama,” tegas Verry. (mb/detik/cnn indonesia)

Related posts