Kontingen Indonesia Diingatkan Tak Tiru Atlet Jepang Sewa PSK

Metrobatam, Jakarta – Komisi X DPR RI, yang salah satunya membidangi olahraga, mengingatkan kontingen Indonesia di Asian Games 2018 tak meniru kelakuan 4 atlet Jepang yang diduga menyewa PSK. Hal itu untuk menjaga nama baik bangsa.

“Kita sudah beri pesan supaya fokus pada tujuan kalian datang dari jauh ke Jakarta bukan cuma bawa nama daerah, tapi juga bawa nama bangsa. Kalau sampai ada kejadian memalukan seperti itu, kan bukan soal tadi, bahwa dia jadi tidak fokus dan bisa mempengaruhi kemenangan ya. Tapi juga menyangkut soal nama baik, reputasi,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian kepada detikcom, Senin (20/8).

Bacaan Lainnya

Dia yakin para atlet Indonesia tak akan mempermalukan bangsa. Menurutnya, para atlet juga sudah dipersiapkan secara fisik dan mental sebelum mengikuti Asian Games.

“Kalau saya yakin atlet kita sudah ditegaskan dan melibatkan psikolog. Termasuk soal doping juga sudah,” ucapnya.

Sebelumnya, empat atlet bola basket asal Jepang dipulangkan kepala delegasinya dari Asian Games 2018 setelah ketahuan menginap di sebuah hotel bersama perempuan bayaran. Mereka sebelumnya sempat berpesta dan mabuk-mabukan.

“Keempat atlet dipulangkan dari Asian Games 2018 pada Senin (20/8) menyusul skandal di sebuah hotel, tempat mereka ‘menginap bersama perempuan’,” kata Kepala Delegasi Asian Games Jepang Yasuhiro Yamashita.

Dalam sebuah konferensi pers, Yamashita mengatakan keempat pemain bola basket bertemu dengan para perempuan itu setelah berpesta sembari mabuk-mabukan di sebuah kawasan di Jakarta. Para atlet itu mudah dikenali lantaran masih mengenakan baju kaus berlogo tim nasional Jepang. (mb/detik)

Pos terkait