Pertama di RI, Jalan Tol akan Dibangun di Atas Tanggul

Metrobatam, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan tol Semarang-Demak akan berada di atas tanggul. Langkah tersebut dilakukan guna menghindari bencana banjir rob yang kerap terjadi di Semarang.

Basuki menjelaskan pada dasarnya pembangunan jalan tol dengan konsep tersebut merupakan yang pertama di Indonesia. Pasalnya, proyek tersebut akan menggunakan sistem polder yang meredam banjir.

Read More

“Itu kita bikin tanggul, di atasnya bikin tol. Iya (yang pertama di Indonesia),” jelas dia usai memberikan sambutan di Auditorium LIPI, Jakarta, Kamis (23/8).

“Kota Semarang segera diatasi dengan pembangunan jalan tol yang terintegrasi dengan tanggul laut di pantai Semarang-Demak. Integrasi berbagai infrastruktur ini akan membentuk sistem polder yang dilengkapi dengan kolam-kolam retensi peredam puncak banjir dan pompa-pompa banjir,” sambung dia.

Lebih lanjut, ia memaparkan pembangunan jalan tol itu akan melibatkan arsitek profesional. Sehingga diharapkan mampu membuat kawasan yang berbatasan langsung dengan laut.

“Dengan melibatkan para perencana kota dan arsitek yang kreatif, kami meyakini bahwa infrastruktur yang dikembangkan ini akan menghasilkan water front areas termasuk water sensitive zone yang sangat menarik,” ungkapnya.

Selain itu, ia berharap pembangunan jalan tol tersebut bisa dilaksanakan pada akhir 2018 dengan skema pembiayaan kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Sebelumnya, Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan pada akhir Juli kemarin pihaknya akan melakukan kualifikasi terhadap lahan proyek untuk pembangunan.

“Yang di awal mungkin Semarang-Demak sama mana dulu nggak sekaligus. Semarang-Demak diharapkan bulan Juli ini PQ,” jelas dia beberapa waktu lalu. (mb/detik)

Related posts