Dukungan 30 DPW Diragukan Mulfachri, Pro-Zulhas Sebutkan Daftarnya

Metrobatam, Jakarta – Dukungan 30 DPW kepada calon Ketua Umum PAN petahana Zulkifli Hasan disebut tidak akurat oleh penantangnya, Mulfahcri Harahap. Pendukung Zulkifli pun menyebutkan daftar 30 DPW yang sudah memberikan dukungannya.

“DPW pendukung Zulhas tercatat 30 dan bisa disebutkan satu per satu. DPW yang mendukung kita berasal dari provinsi-provinsi sebagai berikut,” kata pendukung Zulkifli, Totok Daryanto, kepada wartawan, Senin (9/12/2019).

Bacaan Lainnya

Totok lalu memberikan daftar 30 DPW yang sudah menyatakan memberikan dukungan kepada Zulkifli. 30 DPW itu berasal dari provinsi berikut:

Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimanatan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

“Inilah DPW yang terdaftar mendukung incumbent untuk dua periode. Jumlah provinsi se-Indonesia 34. Jadi mohon maaf, daftar DPW yang disebut 10 itu dari provinsi mana saja?” tanya Totok.

Mulfachri sendiri mengaku didukung 10 DPW PAN sehingga menyebut dukungan 30 DPW kepada Zulkili itu tidak akurat. Totok balik meragukan pernyataan Mulfahcri dan mempertanyakan apakah ada DPW yang memberikan dukungannya kepada dua caketum.

“Tidak menantang (Mulfahcri menyebutkan DPW yang mendukungnya). Tapi publik pasti bertanya, bukankah DPW se-Indonesia hanya berjumlah 34? Maka publik ingin tahu apakah ada DPW double dukungan?” ujar Waketum PAN itu.

Dihubungi terpisah, Ketua DPP PAN Yandri Susanto yang juga pendukung Zulkifli menilai dukungan ke-30 DPW kepada Zulkilfi sangat jelas. Hal itu dikarenakan para Ketua DPW sendiri lah yang menyatakan secara terbuka dukungan mereka kepada Zulkifli.

“Ya biarlah itu sah-sahnya pendapat Bang Mulfachri begitu. Setahu aku yang menyampaikan 30 DPW kemarin adalah para ketua-ketua DPW langsung, dan foto-foto para Ketua DPW juga ada ketika mereka menyampaikan pernyataan suka,” ungkap Yandri.

“Sangat tegas dan terang benderang dukungan langsung ke Bang Zul, dan bukan kami yang jumpa pers, tapi ketua-ketua DPW langsung,” lanjut dia.

Yandri juga menanggapi permintaan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang meminta Zulkifli tidak mencalonkan diri lagi sebagai Ketua Umum. Yandri menegaskan Zulkifli tidak akan mundur.

“Bang Zul didaulat atau diminta oleh DPW-DPW dan DPD-DPD untuk maju, dan Bang Zul sudah sampaikan secara tegas dan lugas terbuka bahwa Bang Zul tidak akan mundur,” tegasnya.

Sebelumnya, Waketum PAN Mulfachri Harahap menilai jumlah DPW yang diklaim telah menyatakan dukungan kepada Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk maju kembali sebagai calon ketua umum tidak akurat. Sebab, Mulfachri mengaku didukung oleh 10 dari 34 DPW PAN yang ada di Tanah Air.

“Saya kira angka itu tidak akurat, karena kita sendiri menghitung sudah 10 DPW, sudah bersama kita 10 DPW dan hampir 400 DPD sudah dengan kit. Kalau soal klaim-mengklaim, nanti jumlah DPD bisa 1.000, jumlah DPW 100. Jadi saya kira itu masih terlalu pagi,” kata Mulfachri kepada wartawan, Minggu (8/12). (mb/detik)

Pos terkait