Destinasi Pariwisata Kabupaten Nias Terus Ditata dan Dikembangkan

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Nias Drs.Kharisma Halawa,M,si

Metrobatam .com Nias – Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Nias Drs.Kharisma Halawa,M,si terus memfasilitasi untuk mengembangkan dan melanjutkan pembangunan destinasi pariwisata yang ada di wilayah Kabupaten Nias dengan penuh dukungan Pemerintahan dan juga berbagai pihak.

Sebagaimana yang diungkapkan Kadis Pariwisata Kabupaten Nias Drs. Kharisman Halawa, M.Si, Bahwa tahun 2020 ini akan melanjutkan pembangunan baik fisik maupun prasarana serta fasilitas dalam destinasi wisata SOZIONA (Somi, Bozihona, Tagaule Onolimbu dan Nalawo).

“Untuk mewujudkan destinasi wisata, tentu kita harus memiliki satu konsisten sehingga kedua manfaat sarana bisa mendukung perkembangan wisata dengan membuktikan adanya para wisatawan yang mengunjungi seperti kalangan dari masyarakat dan wisatawan lokal serta Mancanegara,” ujar Kharisman Halawa kepada Media Metrobatam.com di ruang Kerjanya, Senin (13/1/2020)

Dilanjutkanya mengatakan Dinas Pariwisata memiliki visi untuk mengembangkan dan meningkatkan pariwisata yang baik dan konsisten serta bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Sekitar.

“Adanya partisipasi pemberdayaan maka perekonomian meningkat dengan adanya kunjungan wisatawan,” tutur Kadis.

Lebih lanjut Kharisman menjelaskan “bahwa salah satu Destinasi yang unik di kab.Nias yakni pemandian air panas (Bomboaukhu) yang berada di Desa Oladano Kecamatan Idano Gawo sudah bekisar 5 tahun belum difungsikan.

“Puji Tuhan, pada Akhir tahun ini kita telah berhasil melakukan pengeboran ke dalam tanah berkisar 200 meter. Lalu, air telah mengalir keluar dengan bantuan pompa pakai tenaga listrik,” jelasnya.

Oleh karena itu, masih kata Kharisman, pihaknya akan terus melakukan renovasi pembenahan lokasi tersebut baik gedung-gedung yang sudah ada maupun kolam yang sudah rusak.

“Semoga minggu depan sudah bisa difungsikan kembali,” sebut Kharisman sembari berharap agar pemerintah desa dan masyarakat setempat turut berpartisipasi di setiap lokasi wisata

Masih ditempat yang sama di jelaskan mengenai Lokasi “Gowe Tuada HO “yg berada di Desa Lahemo ini juga menjadi aicon sejarah budaya dan asal usul Beberapa marga ini perlu dilestarikan dan penataan kedepan jelas “Kharisman

Demi Lancarnya dan peminat untuk menuju Lokasi tersebut ,tentu yang diutamakan adalah jalan yg mumpuni dan bagus sehingga orang yg mau datang ke lokasi Gowe Tuada HO merasa aman apalagi jalan tersebut menuju Jalan Ke kecamatan Ma’u ucap Kharisman.

(Desman Tel)

 

Loading...

Related posts