Harga Pertalite Tetap di Kepri, Harga Pertamax Turun Jadi Rp9.600 per liter

Metrobatam.com, Batam – Harga Pertamax di wilayah Kepulauan Riau turun dari Rp10.250 per liter menjadi Rp9.600 per liter, dalam penyesuaian harga bahan bakar minyak umum jenis bensin dan solar oleh PT Pertamina (Persero).

Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina MOR I, Roby Hervindo, Minggu, mengatakan selain Pertamax harga bahan bakar lain juga turun, yaitu Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite dan solar nonsubsidi.

“Penyesuaian harga tersebut berlaku di seluruh Indonesia mulai Minggu, 5 Januari 2020 pukul 00.00 waktu setempat,” kata dia.

Ia menjelaskan, Pertamax Turbo mengalami penyesuaian dari harga semula Rp 11.600 menjadi Rp 10.300 per liter, Pertamina Dex dari Rp12.200 menjadi Rp10.700 per liter, Dexlite dari Rp10.600 menjadi Rp9.900 per liter dan solar nonsubsidi dari Rp10.000 menjadi Rp9.700 per liter.

Bacaan Lainnya

“Untuk Pertalite di Kepri dijual tetap dengan harga Rp 8.000 per liter,” jelasnya.

Robby mengatakan, harga baru yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

Penyesuaian harga tersebut merupakan implementasi Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

“Penyesuaian harga BBM Umum merupakan aksi korporasi yang mengacu pada ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata dia.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik, terutama pelanggan setia produk-produk unggulan Pertamina.

(Ton/Ant)

Pos terkait