150 UMKM Kota Batam Dilatih Kreativitas

Metrobatam.com, Batam – Sebanyak 150 usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Batam mengikuti pelatihan kewirausahaan di Aula Kantor Wali Kota Batam, Kamis (6/2). Pelatihan bertema “Menumbuhkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Investasi dan Kreativitas UMKM” ini digelar atas kerja sama PT Indomarco Prismatama (Indomaret), PT Mondelez Indonesia Trading (Biskuat), dan Pemko Batam.

“Pesertanya hari ini berasal dari berbagai bidang usaha. Ada kuliner, kerajinan, dan sebagainya,” kata Branch Manager Indomaret Batam, Ady Sutono.

Adapun jenis pelatihan yang diberikan mencakup banyak aspek. Mulai dari legalitas perizinan, kesehatan produk, pengemasan, inovasi, hingga permodalan.

Melalui pelatihan ini diharapkan UMKM dapat semakin kreatif dan produktif. Serta dapat membuka peluang UMKM untuk memasukkan produknya ke pasar retail modern seperti Indomaret.

Ady mengatakan kegiatan ini pertama kalinya digelar di Batam. Dan termasuk dalam rangkaian kegiatan yang Indomaret gelar secara nasional.

“Ini kegiatan kedelapan se-Indonesia. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap perkembangan UMKM nusantara,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam. Suleman Nababan atas nama Pemko Batam menyampaikan terima kasih atas digelarnya kegiatan tersebut. Pemerintah menyambut baik kegiatan yang ikut menumbuhkembangkan kewirausahaan di daerah.

Apalagi Batam sudah menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara terbanyak kedua setelah Bali. Potensi ini sudah sepatutnya dimanfaatkan UMKM Batam.

“Ada 81 ribu lebih UMKM di Batam. Kehadiran mereka juga mendukung dunia pariwisata,” tuturnya.

Kegiatan pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan karena masih banyak UMKM yang hadapi berbagai permasalahan. Seperti kemasan atau packaging dan pemasaran.

(mb/mcb)

Loading...

Related posts