Jadi Ketua Umum, ‘Dinasti’ Partai Demokrat dari SBY ke AHY

Metrobatam, Jakarta – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menjadi Ketum Partai Demokrat 2020-2025. Ia menggantikan ayah kandungnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Betul,” ujar Kadiv Hukum dan Advokasi DPP Partai Demokrat (PD) Ferdinand Hutahaean lewat pesan WhatsApp kepada detikcom, Minggu (15/3/2020).

Read More

AHY terpilih secara aklamasi oleh seluruh peserta Kongres di JCC Senayan, Jakarta. Dalam pidatonya, AHY berterima kasih kepada sejumlah pihak yang turut mendukungnya menjadi Ketum PD, khususnya kepada eks Ketum PD sekaligus ayah kandungnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“But i guarantee you, Pak SBY, you will never walk alone. Saya lihat tadi ada spanduk kecil yang penuh dengan makna yang sering di-quote oleh Mas Ibas yang penggemar Liverpool, ‘You’ll Never Walk Alone’, jangan pernah merasa lonely karena kita semua adalah anak-anak Bapak, keluarga besar ini akan terus bersama Bapak,” ujar AHY di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Ia meminta para kader PD menghormati SBY sebagai founding father Partai Demokrat. Ia berterima kasih atas jasa dan pengabdian SBY selama menjadi Ketum PD.

“Pak SBY, kami semua mengucapkan terima kasih. Atas jiwa besar dan keseriusan Bapak SBY yang memang sejak awal mengatakan pemimpin yang sejati adalah ia yang menyiapkan penggantinya. Ia yang menyiapkan generasi selanjutnya,” kata AHY.

AHY mengatakan SBY masih menjadi bagian dari Partai Demokrat. SBY akan menjabat Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Hari ini, putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mendaftarkan diri sebagai caketum Partai Demokrat di Kongres V Partai Demokrat. Wasekjen Demokrat Andi Arief mengatakan AHY telah mendapatkan dukungan 93 persen.

Sebelumnya Dua putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) berpotensi naik tahta menjadi ketum Partai Demokrat.

“Soal siapa ketua umum, kita tunggu saja nanti para pemilik suara akan menjatuhkan pilihannya ke siapa ya. Karena toh kongres ini udah tinggal hitungan hari kan. Hari Minggu ini sudah akan berlangsung,” ujar Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon, kepada detikcom, Jumat (13/3).

“Terkait mas AHY dan mas Ibas, yang saya tahu dan lihat langsung, keduanya solid dan kompak saling mendukung ya. Yang utama bagi kami Demokrat saat ini adalah kongres berjalan dengan lancar dan sukses,” katanya.

Diketahui, AHY mengawali karier politiknya saat meninggalkan karir militernya dan maju menjadi calon Gubernur DKI Jakarta. AHY berpasangan dengan Sylviana Murni di Pilkada DKI Jakarta 2016.

Namun, AHY tak terpilih di Pilkada DKI putaran pertama. Perjalanan karir AHY di dunia politik tak sampai di situ, AHY juga sempat disodorkan menjadi cawapres bagi Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

AHY juga pernah digadang-gadang menjadi calon menteri pemuda olahraga di Kabinet Indonesia Maju. Kini, AHY terpilih menjadi Ketum Demokrat menggantikan sang ayah, SBY. (mb/detik)

Related posts