oleh

MTQ XV Tingkat Kota Tanjungpinang Bakal Digelar Akhir Maret 2021

Metrobatam.com, Tanjungpinang Wali Kota Tanjungpinang, Rahma memimpin langsung rapat teknis persiapan pelaksanaan MTQ XV Tingkat Kota Tanjungpinang, di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamayah, kantor wali kota Tanjungpinang, Rabu (3/2/2021).

Dalam pembahasan rapat tersebut diputuskan bersama rencana pelaksanaan MTQ, baik tingkat kelurahan, kecamatan, dan kota Tanjungpinang.

Pelaksanaan MTQ tingkat kelurahan dan kecamatan direncanakan akan dimulai dari 1 Februari dan berakhir 20 Maret 2021. Sementara di tingkat kota, dilaksanakan pada 28 Maret s.d. 1 April 2021.

“Untuk tempat pelaksanaan tingkat kelurahan dan kecamatan di tentukan oleh kelurahan dan kecamatan masing-masing. Sedangkan tingkat kota akan digelar di dataran Gurindam 12 Tepi Laut sebagai arena utama,” ucap Rahma dalam rapat tersebut.

Untuk cabang yang dilombakan pada MTQ XV ini, Rahma menyebutkan, terdiri dari cabang tilawah dewasa dan anak-anak, cabang hifzil quran golongan 1, 5, 10, 20, dan 30 juz.

Kemudian, cabang tafsir Al Quran golongan Arab putera dan puteri yaitu hafalan 30 juz dan tafsir juz X, cabang Musabaqah Hadist Nabi terdiri dari tahfizul hadist 100 dan 500 hadist tanpa sanad.

“Selanjutnya ada juga lomba qasidah dan marawis, pawai taaruf dan bazaar,” paparnya.

Rangkaian acara pelaksanaan MTQ XV, akan diawali dengan pawai taaruf, dilanjutkan dengan pembukaan bazaar MTQ Expo di arena utama, pelantikan dewan hakim.

Malam harinya akan dilaksanakan pembukaan MTQ tingkat kota Tanjungpinang dengan menghadirkan penceramah.

“Ini kerja kita bersama untuk menyukseskan perhelatan syiar agama di kota Tanjungpinang, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat di setiap lokasi acara,”ucapnya.

Agar pelaksanaan MTQ XV berjalan lancar dan sukses, Rahma mengimbau kepada seluruh panitia yang terlibat agar dapat mempersiapkan segala sesuatu secara matang.

Yang penting, setiap pihak yang terlibat didalamnya harus mematuhi protokol kesehatan, mulai dari awal pelaksanaan kegiatan sampai selesai.

“Semangat kebersamaan dari seluruh panitia yang terlibat diharapkan dapat terbangun, agar pelaksanaan MTQ tahun ini berjalan dengan baik dan sehat,” tutur Rahma.

Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang, Zait mengingatkan seluruh panitia seleksi agar memperhatikan usia peserta yang akan mengikuti setiap cabang yang dilombakan.

“Untuk usia peserta, mohin diperhatikan baik tingkat anak-anak dan dewasa sesuai syarat yang ditentukan dalam setiap cabang lomba. Sehingga, ketika selesai lomba tidak terjadi permasalahan,” katanya.

Untuk diketahui, MTQ XV tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2021 mengangkat tema Dengan MTQ XV Kota Tanjungpinang tahun 2021, Kita Implementasikan Nilai-nilai Al Quran Dalam Memperkuat Mental Bangsa Menuju Masyarakat Tanjungpinang yang Religius, Berbudaya, dan Harmonis dalam Kebhinekaan.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Asisten 1, Tamrin Dahlan, Staf Ahli, Abdul Kadir Ibrahim, LAM, camat, lurah, LPTQ kota, FKM, kepolisian, dan perwakilan OPD pemko Tanjungpinang.

(Ip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed