Bea dan Cukai Kudus Musnahkan Jutaan Rokok Ilegal

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Kudus – Bea dan Cukai Kudus Jawa Tengah, musnahkan jutaan rokok ilegal dan ribuan pita cukai palsu, Kamis (25/3/2021) siang, di halaman kantor Bea dan Cukai Kudus.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, bahwa barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil penindakan pada tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Ada jutaan batang rokok ilegal dan ribuan keping pita cukai palsu dari hasil penindakan Bea dan Cukai periode Juni – November 2020”, kata Gatot.
Seperti dikutip dari kuduskab.go.id.

Gatot menambahkan bahwa jenis barang yang dimusnahkan antara lain alat pemanas 32 buah, pita cukai palsu 6.800 keping, serta rokok ilegal jenis SKM sebanyak 8.339.381 batang dan SKT 29.472 batang.

“Jika ditimbang maka berat barang bukti yang dimusnahkan itu sekitar 14 ton, senilai kurang-lebih Rp 8.519.431.020 dan potensi kerugian negara mencapai Rp 4.721.100.908”, tandas Gatot, usai pelepasan truk pengangkut barang bukti ke TPA.

Gatot melanjutkan, setelah secara simbolis melakukan pemusnahan dengan membakar barang bukti tersebut, maka dilanjutkan memberangkatkan truk pengangkut barang bukti ke TPA Sukoharjo, Pati.

Disinggung mengenai masih maraknya produksi rokok ilegal oleh oknum masyarakat, Gatot menjelaskan bahwa pihaknya selama ini sudah melakukan upaya untuk menekan peredaran rokok ilegal, yaitu dengan melakukan pencegahan dimana pihaknya akan mendirikan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT).

(Pur)

Pos terkait