OPD Tanjungpinang Diminta Susun Program Sentuh Masyarakat

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Sebagai langkah awal penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah tahun 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung, di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, kantor wali kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (1/3/2021).

Bacaan Lainnya

Disela membuka forum tersebut, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma meminta kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) menyusun dan menentukan program dalam anggaran yang bermanfaat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Menurutnya, pelaksanaan forum ini merupakan rangkaian dari proses perencanaan pembagunan untuk mematangkan rancangan awal RKPD 2022 dan juga menjadi wadah dalam menetapkan program serta kegiatan. Sehingga semua anggaran dapat dialokasikan dengan tepat dan efisien.

“Saya minta setiap OPD menyusun program kerja yang bermanfaat, terutama untuk kepentingan masyarakat yang bersentuhan dan dirasakan secara langsung,” tegas Rahma.

Rahma menilai, pelaksaksanaan pembangunan yang baik, harus dimulai dari perencanaan yang baik pula. Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan, maka semakin tinggi juga tingkat keberhasilan pembangunan yang dicapai.

Untuk itu, Ia meminta agar dalam forum ini ada penyelarasan program-program pembangunan daerah yang akan didanai dari berbagai sumber pendanaan.

“Sinkronisasi hendaknya dilakukan dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip yang mendorong tercapainya keserasian, efektivitas, dan efesiensi pemanfaatan sumber pendanaan pembangunan daerah,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Bappelitbang Kota Tanjungpinang, Surjadi menjelaskan penyusunan RKPD merupakan penjabaran dari RPJMD yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu satu tahun yang disusun dengan berpedoman pada rencana kerja pemerintah dan program strategis nasional yang ditetapkan oleh pemrintah pusat.

“RKPD disusun dari tiga elemen penting yakni renja OPD, pokok-pokok pikiran DPRD dan hasil musrenbang baik tingkat kelurahan, kecamatan, dan kota,” ucapnya.

Surjadi mengatakan, forum perangkat daerah ini, akan berlangsung hingga 4 Maret 2021. Dimana, Senin (1/3) adalah acara pembukaan dilanjutkan dengan sesi pemaparan dari narasumber tentang arah kebijakan perencanaan, belanja, dan pembiayaan pembangunan kota Tanjungpinang tahun 2022.

“Sementara, untuk pembahasan akan berlangsung mulai 2 s.d. 4 Maret 2021 dan dilakukan secara daring,” terangnya.

Melalui forum ini, diharapkan dapat menyerasikan dan menyelaraskan berbagai aspirasi dari seluruh potensi pembangunan kota Tanjungpinang agar menjadi sinergi dalam perencanaan pembangunan, kegiatan dan anggaran, serta pelaksanaan dalam satu tahun anggaran,” tuturnya.

(Ip)

  • Whatsapp

Pos terkait