Peniadaan Mudik 2021, Polri Siapkan 333 Titik Penyekatan

banner 468x60

Metrobatam.com, Jakarta – Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas) menyiapkan 333 titik penyekatan lalu lintas guna memastikan masyarakat tidak melakukan mudik pada Idul Fitri 2021.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan penyekatan tersebut tersebar di seluruh Indonesia, baik di jalan arteri maupun jalan tol. Penyekatan dilakukan baik jalur dengan tujuan ataupun dari pulau Jawa.

Bacaan Lainnya

“Pada momen itu Polri akan menggelar membuat penyekatan di 333 titik. Terutama di titik utama yaitu dari Lampung hingga Bali. Itu adalah titik mobilisasi utama yang harus kita lakukan penyekatan. Selain cek- cek poin yang dibangun di beberapa daerah,” kata Irjen Pol Istiono dalam konferensi pers terkait Ketentuan Perjalanan di Masa Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang ditayangkan secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Ia menegaskan bahwa titik penyekatan akan dibangun di perbatasan- perbatasan provinsi maupun kabupaten.

Menurut dia, dalam Operasi Ketupat 2021, Polri akan mengedepankan tindakan persuasif dan humanis. Operasi Ketupat akan digelar di 34 provinsi dengan berpedoman pada solus suprema populi la ecto (keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi).

Sebelum operasi ketupat, terang dia, Polri pun akan menggelar operasi keselamatan yang akan laksanakan pada 12 April hingga 27 April 2021.

“Operasi keselamatan ini adalah untuk mensosialisasikan tentang peniadaan mudik. Kegiatanya adalah sekaligus membagikan masker, rapid tes antigen gratis dan bakti sosial lainya,” jelas dia.

Ia menjelakan, dari evaluasi selama ini, setiap libur panjang dan libur nasional indikator penyebaran COVID-19 selalu meningkat.

Oleh karena itu, harus dilakukan langkah- langkah pencegahan dan penekanan COVID-19. “Kita berharap kesadaran masyarakat untuk tidak mudik,” katanya.

(IP)

Pos terkait