Polres Bukittinggi Rotasi Kepemimpinan 5 Pejabat

Metrobatam.com, Bukittinggi – Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, SH, S.I.K, M.H, memimpin serah terima jabatan Kabag Ops Polres Bukittinggi, Kabag Sumda Polres Bukittinggi, Kasat Reskrim Polres Bukittinggi, Kapolsek Banuhampu Sungai Puar dan jabatan Kapolsek Palupuh di halaman Polres Bukittinggi, Sabtu (3/4/21).

Adapun para pejabat yang melakukan Sertijab tersebut adalah dari Kabag Ops Partahian Pane, S.Sos (mutasi sebagai Kasubbagdalprog Bagdalprogar Rorena Polda Sumbar) kepada Kompol Suyatno S, S.I.K (sebelumnya Kapolsek Banuhampu Sungai Puar Polres Bukittinggi), Kabag Sumda Kompol Sunarya (mutasi sebagai Kasitekintel Dit Intelkam Polda Sumbar) kepada Kompol Irwan Santoso (sebelumnya Kasubbagrenmin Dit Binmas Polda Sumbar), Kasat Reskrim Polres Bukittinggi AKP Chairul Amri Nasution, S.I.K (mutasi sbg Kapolsek Lubuk Begalung Polresta Padang) kepada AKP Allan Budi Kusumah Katinusa, S.I.K (sebelumnya Kasat Reskrim Polres Pesisir Selatan), Kapolsek Banuhampu Sungai Puar dari Kompol Suyatno S, S.I.K kepada AKP Mochammad Rosidi, S.H., S.I.K (sebelumnya Kasat Reskrim Polres Payakumbuh), dan Kapolsek Palupuh Iptu Syafri, S.H (mutasi sbg Kasat Reskrim Polres Tanah Datar) kepada Iptu Ahmad Rizal, S.H (sebelumnya Waka Polsek Palupuh).

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya, AKBP Dody menyampaikan, bahwa proses mutasi di lingkungan Polri merupakan hal yang biasa untuk kepentingan regenerasi serta penyegaran organisasi Polri, dan merupakan suatu proses manajemen yang mengandung arti strategis. Ditinjau dari dinamika organisasi di dalam mengantisipasi perkembangan tantangan tugas Polri yang semakin berat dan kompleks, dan memastikan berlakunya sistem pembinaan manejemen personil Polri guna mendapatkan figur yang memiliki kompetensi sebagaimana yang diharapkan. Jabatan merupakan amanah yang dititipkan oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, dan harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sekaligus sebagai bentuk pengabdian serta ladang ibadah.

Dalam amanatnya, Kapolres menyampaikan bahwa Kabag Ops dan Kabag Sumda merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan yang berada di bawah Kapolres dan bertanggung jawab kepada Kapolres, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolres. Bah Ops bertugas merencanakan dan mengendalikan administrasi operasi kepolisian, pengamanan kegiatan masyarakat dan/atau instansi pemerintah, menyajikan informasi dan dokumentasi kegiatan Polres serta mengendalikan pengamanan markas. Bagsumda bertugas melaksanakan pembinaan administrasi personil, sarana dan prasarana, pelatihan fungsi pelayanan kesehatan, bantuan dan penerapan hukum.

Selanjutnya, Kasat Reskrim bertugas melaksanakan penyelidikan, penyidikan, dan pengawasan penyidikan kan rindak pidana, termasuk fungsi identifikasi dan laboratorium forensik lapangan serta pembinaan, koordinasi dan pengawasan PPNS, sedangkan Kapolsek bertugas memimpin, membina, mengawasi, mengatur dan mengendalikan satuan organisasi di lingkungan Polsek dan unsur pelaksana ke wilayahan dalam jajarannya termasuk kegiatan markas, dan memberikan saran pertimbangan kepada Kapolres yang terkait dengan pelaksanaan tugas.

Mengakhiri amanatnya, Kapolres AKBP Dody, menyapaikan kepada pejabat yang lama, Kompol Partahian Pane, S.Sos, Kompol Sunarya, AKP Chairul Amri Nasution S.I.K, dan Iptu Syafri, S.H, atas nama pimpinan dan keluarga besar Polres Bukittinggi mengucapkan terimakasih atas kerjasama, dedikasi dan pengabdian saudara selama menjabat Kabag Ops, Kabag Sumda, Kasat Reskrim, dan Kapolsek Palupuh, selamat bertugas atas jabatannya di tempat yang baru. Kepada pejabat baru Kompol Suyatno. S, S.I.K, Komp Irwan Santoso, AKP Allan Budi Kusumah Katinusa, S.I.K, AKP Mochammad Rosidi, S.H, S.I.K, dan Iptu Ahmad Rijal, S.H, diucapkan selamat atas amanah jabatan yang dipercayakan kepada saudara dan segera melaksanakan apa yang menjadi tupoksinya, serta membuat inovasi-inovasi ditempat tugas yang baru.

Akhirnya marilah kita sampaikan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga salam melaksanakan Tugas pengabdian kita senantiasa mendapat bimbingan, petunjuk serta perlindungan Nya, dan kita dilindungi dan terhindar dari Covid-19 ini, demikian AKBP Dody mengakhirinya.

(basa/hms)

Pos terkait