Sesmenko Perekonomian: Belum Ada Rakor untuk Bahas Kenaikan PPN

ekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiarso (Foto: Humas Ekon)

METROBATAM.COM. Jakarta – Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiarso menegaskan bahwa rencana kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) masih dalam pembahasan secara internal oleh Kementerian Keuangan (Kemkeu), sehingga belum ada rapat koordinasi (rakor) antar kementerian untuk membahas hal tersebut.

Bahkan, hingga saat ini Kemenko Perekonomian mengaku belum melakukan pembahasan dan diskusi dengan berbagai pihak termasuk dengan Kemkeu.

Bacaan Lainnya

“Saya sudah laporkan ke Pak Menko, intinya kita hormati pembahasan wacana internal di Kemkeu, tapi belum ada rakor antar kementerian bahas ini. Pasti nanti kami akan minta segera dijadwalkan jika sudah ada rencana pasti dan ada konsepsi yang jelas kira kira kapan akan disampaikan,” kata Susiwijono di Jakarta, Senin (17/5/2021).

Susiwijono menilai, wacana kenaikan PPN dapat berimplikasi serius terhadap berbagai sektor, khususnya terkait dengan sektor riil, sehingga berpotensi menggerus daya beli masyarakat.

“Sebab (kenaikan PPN) mempengaruhi ke semua sektor tak hanya sektor riil, sektor industri manufaktur semua akan kena, karena itu kami sudah laporkan,” kata Susiwijono.

Untuk diketahui, Direktur Jenderal Pajak (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemkeu) Suryo Utomo menyampaikan bahwa saat ini otoritas fiskal tengah mengkaji penerapan tarif PPN. (IP)

Pos terkait