Dinkes Tanjungpinang Imbau Warga Bergejala Lakukan Swab ke Puskesmas

METROBATAM.COM. TANJUNGPINANG – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Tanjungpinang mengimbau, kepada masyarakat yang mengalami gejala mengarah COVID-19 atau ada kontak erat untuk segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas guna mengantisipasi terjadinya penyebaran.

“Bagi yang bergejala, ya swab lah ke puskesmas yang dekat dengan tempat tinggalnya. Di semua puskesmas pada jam-jam pagi, pukul 09.00-10.00 WIB. Gartis, tidak bayar, cukup bawa KTP saja,” imbau Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang dr. Susi Fitriana.

Bacaan Lainnya

Imbauan itu disampaikannya saat pelaksanaan rapid tes antigen dan vaksinasi COVID-19 kepada pedagang di pasar baru I Tanjungpinang, Rabu (7/7/2021).

Susi menekankan, para pedagang dalam kriteria vaksinasj adalah pelayan publik, sehingga mereka harus tervaksinasi, prokes mereka harus bagus.

Apalagi, pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, mereka merupakan sektor esensial yang tidak boleh di tutup. Mereka harus tetap melayani masyarakat.

“Jadi, harus dipastikan mereka tidak menjadi sumber penularan. Biar pandemi selesai, ekonomi pulih, sektor-sektor sosial pun kembali normal,” ujarnya.

Dirut BUMD Tanjungpinang, Fahmi mengatakan, kegiatan rapid tes antigen yang dilaksanakan Satgas COVID-19 Tanjungpinang ini sangat bagus bagi kesehatan para pedagang pasar.

“Jadi, kita bisa tahu para pedagang pasar itu sehat. Kalau kurang sehat, maka mereka di karantina, di berikan obat, setelah sembuh mereka bisa buka kembali,” kata dia.

Sebelumnya, kegiatan ini telah kita beritahukan kepada para pedagang. Dari 350 orang pedagang, tidak sampai setengahnya bersedia mengikuti tes rapid.

“Padahal rapid tes ini bagus untuk mengetahui bahwa kita sehat apa tidak,” tambah dia. (Tri/Eyv/MB)

Pos terkait