Kakanwil BPN Sumut KunKer Geratis Tuntas di Kepulauan Nias

Metrobatam.com | Gunungsitoli – Kedatangan Kakanwil BPN Sumatera Utara, Dr.H. Dadang Suhendi SH, MH dan Nyonya beserta rombongan disambut langsung oleh Kepala BPN Kabupaten Nias dan  Forkopimda se kepulauan Nias, Senin (13/09/21).

“Pak Dadang Suhendi akan melaksanakan sejumlah agenda di Kepulauan Nias dari tanggal 13 sampai 15 September 2021. seperti pencanangan Gerakan Tertib Data Yuridis dan Tertib Tanda Batas (Geratis Tuntas) di Desa Ononamoli I Lot kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli”. Ucap kepala BPN Kabupaten Nias.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Kakanwil BPN sumatera utara, rombongan dan Forkopimda menuju Green Kartika.

Pada sambutannya, Mewakili Forkopimda se kepulauan Nias, Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa,a Laoli mengucapkan selamat datang kepada Kakanwil BPN Sumatera Utara, dan berharap agar semua stekholder dapat memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah yang ada di kepulauan Nias ini, termasuk penerbitan sertifikat aset-aset daerah, dan terutama program PTSL ini ke depan, supaya semakin banyak di terbitkan oleh BPN di Kepulauan Nias ini.

Dalam arahannya, Kakanwil BPN Sumatera Utara mengatakan bahwa Program Gerakan tertib data yuridis (Geratis Tuntas)  salah satunya adalah untuk menggali optimalisasi pendapatan daerah, yang pertama otomatis PBB, BPHTB. agar semua aset aset rakyat dan pemerintah dapat teridentifikasi yang mana nanti setiap Desa dan Kecamatan memiliki data BES dari kepemilikan bidang bidang tanah dan bisa menguntungkan setiap pihak.

Selanjutnya, memastikan kepada  pemerintah daerah bahwa kita sedang membangun zona nilai tanah (ZNT) yang tahun ini 165 ribu hektar. ini juga atensi dari KPK dalam rangka optimalisasi, untuk mengurangi penyeludupan hukum terhadap transaksi, dan meminimalisir tindak pidana korupsi dari sebuah transaksi belahan tanah.Dari jumlah di Nias 350 ribu terdaftar, sudah 35 ribu atau 10 persen yang sudah keluar sertifikatnya, dan ada 90 persen lagi potensi yang bisa di gali. Jadi upaya pemerintah  melalui program PTSL, program yuridis di gulirkan. Jadi dengan keterbatasan anggaran, sehingga tidak mungkin dari 90 persen tadi bisa semua terdaftar. Jadi supaya semua bisa terbantu, maka dilauncing program (Garatis tuntas) atau gerakan tertib data yuridis tertib tanah batas. ini murni program pemerintah daerah. Jadi nanti saya bicara kepada kepala daerah supaya diintruksikan kepada seluruh camat, lurah dan Kepala  Desa untuk dapat melaksanakan program ini. Dalam rangka penertiban data yuridis. Dan bisa bekerjasama dengan BPN dalam rangka tertib tanah batas, pemasangan patok dan sebagainya, sehingga nanti pemerintah daerah memiliki data tanah tanah yang belum terdaftar, dan bisa masuk ke badan statistik, untuk menggali potensi PBB, juga dalam rangka kepengawasan transaksi peralihan hak, agar tidak terjadi penyeludupan jika program ini sudah berjalan dengan baik. Jadi tujuan saya datang ke sini adalah sosialisasi terutama kepada pimpinan daerah, Bupati, Walikota untuk menyampaikan program ini dan juga zona nilai tanah (ZNT).

Kakanwil BPN Sumut

Pada acara terebut Turut dihadiri oleh Kapolres Nias, Dandim 0213/Nias, Kajari Gunungsitoli, Sekda Kabupaten Nias, Asisten l Nias Barat, Sekda Nias utara, dan Undangan lainnya. dan sekaligus
Penyerahan secara simbolis sertifikat  PTSL kepada masyarakat dan menyerahkan berupa sertifikat Aset pemda, Sertifikat Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Sertifikat Tanah Barang Milik Negara, dan Sertifikat Fasilitas Agama.dan di lanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Pemerintah daerah di kepulauan Nias. (DZ)

 

Pos terkait