Kominfo akan Sosialisasikan Program Strategis Pemerintah

METROBATAM.COM. JAKARTA – Sosialisasi merupakan langkah yang sangat penting dalam membuat masyarakat mendukung berbagai kebijakan pemerintah. Dengan begitu, kebijakan yang diterbitkan dapat berdampak positif terhadap semua aspek kehidupan dalam setiap individu. 

Pentingnya langkah itu, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkomitmen untuk melakukan sosialisasi kepada berbagai program strategis pemerintah seperti yang dilakukan saat ini yang berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Setiap saat Kominfo siap membantu sosialisasi program-program itu.

Bacaan Lainnya

“Kami siap untuk bisa mensosialisasi menyampaikan kepada seluruh masyarakat,” ujar Direktur IKPM Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Septryana Tangkary melalui siaran virtual pada Sabtu (18/9/2021).

Kementerian Kominfo, lanjut dia, membuka seluruh instansi pemerintah yang memiliki program strategis untuk dibantu sosialisasi terkait hal itu. Agar, program tersebut dapat sepenuhnya dipahami oleh masyarakat yang menjadi target dari program terkait.

Upaya Kominfo melakukan sosialisasi tersebut, didasari oleh kebijakan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 tahun 2015 tentang Kementerian Kominfo yang melaksanakan tugas dan fungsi sebagai koordinator Humas Pemerintah atau Government Public Relations (GPR). Dalam kewenangan ini, Kominfo melakukan sosialisasi dalam berbagai bentuk kegiatan komunikasi terkait.

Nantinya, bantuan sosialisasi yang akan diberikan oleh Kementerian Kominfo dapat melalui berbagai kanal komunikasi yang dimilikinya. Dari mulai media sosial, portal berita, media cetak, hingga elektronik yang dimiliki oleh Kementerian Kominfo akan dijadikan medium dalam penyebaran informasi terkait program strategis di atas.

“Kementerian kominfo bukan hanya untuk menyuarakan program pemerintah terkait dalam program prioritas maupun non prioritas,” imbuhnya.

Terkait dengan hal itu, Kementerian Kominfo juga dapat memberikan rekomendasi terkait dengan pesan atau sudut pandang isu yang bakal diangkat dalam penyebaran pesan di atas. Dengan begitu, setiap pesan yang disebarkan dapat sesuai dengan kondisi masyarakat terkait.

Hasilnya, setiap pesan yang nantinya disebarkan dapat membuat masyarakat memahami pentingnya program di atas. Ini penting dalam mewujudkan peran aktif masyarakat dalam mendukung setiap kebijakan pemerintah yang dilakukan dalam beberapa waktu mendatang.

“Merumuskan dan materi yang akan dikomunikasikan kepada publik jadi salah satunya yang saat ini kita bisa lakukan bersama,” pungkasnya. (Ip)

Pos terkait